Rabu, 20 April 2016


CINTA BUKU BERAWAL DARI PANGKUAN IBU
Disusun Oleh : Enggan Ratna Saputri
 (1143113006)
Reg B/2014
Fakultas Ilmu Pendidikan





Kita sering mendengar ungkapan “Cinta buku berawal dari pangkuan Ibu”. Ungkapan yang sangat tepat. Sebab, dari seorang ibu bijaksana yang memahami betapa penting mengakrabkan anak-anaknya dengan bacaan sejak usia dini, sangat dimungkinkan kegemaran anak membaca buku.
Mula-mula mendongeng secara lisan, kemudian disertai dengan alat peraga, yakni buku bacaan yang sesuai dengan minat baca berdasarkan usia anak. Lambat laun niscaya akan membuat Si Upik atau Si Buyung “keranjingan” sendiri pada buku. Walaupun pada awalnya baru tertarik karena melihat gambar-gambar yang bagus, lama-kelamaan pasti timbul keinginan pada anak untuk bisa menikmati isi bacaan itu sendiri.
Ada nilai tambah jika anak gemar dibacakan dongeng beberapa diantaranya adalah :
*      Anak dipercepat pengenalannya terhadap huruf, kata dan kalimat
*      Otak anak akan terbiasa berabstraksi.
*      Pikiran mereka pun semakin terbuka.
*      Cakrawala pandangan mereka kian luas.
*      Imajinasi merek makin kaya.
*      Serta kreativitas anak-anak tumbuh seiring dengan mutu bacaan yang mereka baca dan “kunyah-kunyah”.

A.    Memperhalus Budi Pekerti Anak
Yang lebih penting, budi pekerti mereka semakin halus, manakala pikiran dan perasaan mereka sanggup berempati dengan peristiwa yang dialami tokoh dalam cerita dan karakter yang melekat pada tokoh. Pesan (massage) dalam cerita akan semakin menghaluskan budi pekerti anak. Dongeng yang baik, dapat dijadikan sarana pendirikan (moral) pada anak.

B.     Sebagai sumber feedback
Bercerita pada anak, juga dapat dijadikan sumber feedback dari makhluk kecil itu. Kita lalu dapat mengetahui aspirasi, keinginan, harapan, dan cita-cita anak. Kita pun mafhum kecemasan, kesedihan , dan ketakutan mereka. Ada kalanya, hal itu dapat menjadi sumber inspirasi yang menguntungkan bagi pendidik (orang tua) dan anak-anak.

C.     Memperat hubungan dengan Anak
Waktu Mendongeng adalah cara sempurna untuk membangun hubungan dengan anak-anak. Memiliki slot waktu yang teratur setiap hari atau jika terlalu sibuk, menyisihkan waktu seminggu sekali dapat membantu untuk memprioritaskan waktu cerita. Duduk dengan anak-anak dan berbagi cerita adalah cara yang fantastis untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama.

 

 DAFTAR PUSTAKA :
Putra, R. Masri Sareb. 2007. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: PT Indeks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar