Pembelajaran Komputer di Usia Dini Sudah di Perlukan Saat Sekarang ini ?
OLEH
MELYANA PURBA
Nim : 1143113020
Jurusan PG-PAUD
KELAS : REG – B ‘2014
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
PENDAHULUAN
Perkembangan
zaman dan kecanggihan teknologi yang maju di kehidupan kita membuat orang tua
dan guru memiliki peran penting dalam pengenalan teknologi yang ada. Salah
satunya yaitu komputer. Di
zaman yang sangat modern pada saat ini perkembangan teknologi terus berkembang.
Karena perkembangan teknologi akan berjalan sesuai perkembangan ilmu
pengetahuan yang semakin tinggi. Teknologi diciptakan untuk memberikan
kemudahan bagi kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan
memberikan nilai yang positif. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan
untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan
untuk hal negatif. Saat
sekarang ini komputer tidak asing lagi bagi dunia anak karena memang anak sudah
mengenal komputer tetapi hanya sekedar untuk permainan baginya, baik secara offline maupun secara online. Untuk itu, semenjak dini
pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak-anak kita. Karena
penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah Bangsa dan
Negara. Dalam pengenalan komputer, kita bisa menceritakan manfaat dan kegunaan
komputer bagi kehidupan kita. Selain itu, komputer juga bisa mengembangkan
segala aspek perkembangan anak baik kognitif, bahasa, fisik motorik, seni dan
lain-lain sebagainya, maka memang diharuskan untuk penngenalan komputer pada
anak usia dini.
Anak
memiliki karateristik yang unik dan berbeda- beda. Salah satu karakteristik
penting pada anak usia dini adalah rasa keingintahuan yang sangat besar.
Seringkali mereka banyak bertanya untuk mengetahui banyak hal yang menarik bagi
mereka. Sebagai orang tua kita tidak boleh bosan dengan banyak pertanyaan yang
mereka ajukan. Terlebih jika hal-hal yang mereka ingin ketahui termasuk hal
yang baru untuk mereka. Karena proses belajar pada hakikatnya diawali dengan
rasa ingin tahu yang ada dalam diri seseorang. Tanpa adanya rasa ingin tahu,
seseorang tidak akan pernah tertarik untuk belajar. Dan pengalaman belajar akan
sangat berkesan jika anak melakukan langsung. Ajaklah anak untuk mengamati,
melihat dan menyentuh langsung obyek yang akan dipelajari.
Pembelajaran
tentang teknologi komputer pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal
perangkat komputer sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia.
Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat
komputer yang memudahkan kerja kita semua. Penjelasan tentang teknologi
komputer ini hendaknya dilakukan dalam suasana menyenangkan dan dengan bahasa
yang sederhana pula. Pengenalan potensi komputer untuk pembelajaran anak usia
dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berupa menggambar dan
bernyanyi. Misalnya dengan program aplikasi menggambar kita dapat mengajak anak
untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk belajar menggeser
mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak akan terlihat pada
layar monitor.
PEMBAHASAN
BAB I
A. Perkembangan Anak
Bermain
adalah perangkat untuk membangun pengetahuan anak. Piaget percaya bahwa bermain
memiliki tempat istimewa dalam kehidupan setiap anak manusia. Seorang anak
memperoleh pengetahuan bukan hanya melalui informasi dari lingkungan atau
dengan meniru kegiatan orang lain, melainkan juga dalam proses bermain. Sama
halnya dengan memainkan komputer, bukan hanya sekedar pengetahuan bagaimana
memainkan computer yang di ajarkan tapi dengan bersamaan juga bisa mngembangkan
motorik anak, misalnya merangsang motoric tangan anak dan menyeimbangkan
koordinasi mata anak. Selain itu, juga bisa merangsang kecerdasan anak melalui
permainan komputer. Gardner menciptakan teori “multiple Intelligence” yaitu
kescerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan pasial,
kecerdasan bermusik, kecerdasan bodi kinestetik,kecerdasan interpersonal,
kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksitensi dan
kecerdasan moral yang bisa kita kembangkan melalui permainan komputer.
B. Manfaat Komputer Untuk Anak Usia Dini
Komputer kini telah
menjadi salah satu media pembelajaran alternatif komputer untuk anak usia dini. Dengan
menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat
lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menarik. Semakin anak tertarik
kepada program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya,
perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka membaca
melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang
dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna
daripada belajar membaca dari buku yang itu-itu saja.
Selain program pendidikan, komputer
juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada
umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Akan
tetapi, permainan elektronik tersebut dapat membantu anak untuk belajar
bagaimana bertahan, membuat strategi, dan membangkitkan semangat kepemimpinan.
Karena sering menggunakan komputer, anak dapat
mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Para balita juga dapat
belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang
dioperasikan dengan komputer. Anak juga memungkinkan memiliki kosa kata dalam
bahasa Inggris melalui komputer.
Metode atau cara mendidik anak pada
usia dini, tentu sangatlah berbeda dengan metode atau cara mendidik anak pada
masa remaja atau masa setelahnya. Untuk mendidik anak pada usia dini, kita
harus menyajikan materi yang akan kita ajarkan dengan desain yang sangat
menyenangkan, salah satunya dengan komputer.
Dengan komputer, proses belajar anak
akan terasa sangat menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, dengan
komputer kita bisa memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk pendidikan
anak pada usia dini. Dengan komputer pula, kita sebagai pendidik akan merasa
sangat terbantu dengan penyampaian yang disajikan oleh komputer tanpa meragukan
hasil yang kurang optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni yang dapat
bergerak serta didukung dengan suara atau nyanyian yang riang gembira dapat
merangsang anak untuk lebih betah bermain sambil belajar. Karena hanya metode
bermain sambil belajarlah yang cocok diberikan kepada anak usia dini.
Selain itu, orang tua dan juga harus memperhatikan permainan
yang dimainkan anak, misalnya ada permainan yang sifatnya kekerasan yang juga
bisa menimbulkan rasa ingin malukakan dari apa yang dia lihat dan mainkan.
Berikan permainan yang memang utuk mendidik dan merangsang berbagai aspek
perkembangan anak.
a. Dampak positif Komputer Sebagai Media Pembelajaran Anak
Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya
perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menarik. Semakin anak
tertarik kepada program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar.
Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih
suka membaca melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan
bersuara, tulisan yang dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat
berubah-ubah warna daripada belajar membaca dari buku yang itu-itu saja.Selain
program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk
permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan
pendidikan formal tertentu. Akan tetapi, permainan elektronik tersebut dapat
membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, dan
membangkitkan semangat kepemimpinan.Karena sering menggunakan komputer, anak
dapat mengoprasikan berbagai program olah kata dan angka. Para balita juga
dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang
dioperasikan dengan komputer. Anak juga memungkinkan memiliki kosa kata dalam
bahasa Inggris melalui komputer.
b. Dampak Negatif Komputer sebagai Media Pembelajaran Anak
Selain manfaat, bukan tidak mungkin komputer sebagai media pembelajaran anak
memiliki dampak yang negatif. Salah satu dari dampak negatif tersebut adalah,
kemungkinan besar anak mengonsumsi permainan yang menonjolkan unsur-unsur
kekerasan tanpa sepengetahuan orang tua.Disamping itu, anak akan kehilangan
waktu bermain dengan teman seusianya yang akan menjadikan kurangnya
keseimbangan kehidupan sosial anak tersebut. Anak juga menjadi malas belajar
karena banyak waktu yang dihabiskan di depan komputer, sehingga mengakibatkan
prestasi akademiknya menurun. Akses internet juga akan berdampak negatif
walaupun sesungguhnya, mampu mengakses internet adalah awal yang baik bagi
pengembangan wawasan anak. Anak akan terancam dengan banyaknya informasi buruk
yang membanjiri internet. Karena melalui internet, berbagai materi yang
bermuatan seks, kekerasan, dan lain sebagainya, dijajakan secara terbuka dan
tanpa penghalang.Selain dampak-dampak yang telah disebutkan diatas, dampak lain
yang datang dari bidang kesehatan juga banyak dialami oleh para pengguna
komputer. Contohnya : repetitive stress atau strain injury, kelelahan mata dan
sakit kepala, sakit punggung dan leher, dan lain sebagainya. Tentunya kita
tidak mau jikalau anak kita yang masih dalam masa perkembangan sudah
mengalami gangguan kesehatan yang telah disebut diatas. Nina Armando, Staf
Pengajar Jurusan Komunikasi FISIP UI, mengatakan bahwa kemunculan teknologi
komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif
yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari
pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara
sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan
memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu
pengembangan intelektual dan motorik anak seperti menambah pengetahuan baru
untuk anak dan jemari atau bagian motorik anak juga akan brkrmbang secara
lansug karena ada rangsangan saat memegang keyboard atau mengklik. Melalui
internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan
secara terbuka dan tanpa penghalang. Nina mengungkapkan sebuah studi yang
menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi
muatan seks, tawaran seks, saat tengah berselancar di internet.
PENUTUP
BAB III
KESIMPULAN
Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran komputer
utuk anak usia dini sangat diperlukan disaat sekarang ini dengan melihat
perkembangan teknologi saat sekarang ini. Manfaat menstimulasi melalui permainan
komputer agar anak dapat belajar dengan media yang nyata sehingga pembelajaran
menjadi hidup dan tidak membosankan bagi anak. Bisa mengembangkan berbagai
aspek perkembangan anak yaitu kognitif, bahasa, fisik motorik,seni dan
kreativitas anak. Merangsang penglihatan dan pendengaran anak (audio visual),
dengan pembelajaran melalui game, pembelajaran tidak akan membosankan bagi
anak.
Daftar pustaka seharusnya ada, dan diutamakan dari jurnal
BalasHapus