Selasa, 17 Mei 2016

Pembelajaran Komputer di Usia Dini Sudah di Perlukan Saat Sekarang ini ?



Pembelajaran Komputer di Usia Dini Sudah di Perlukan Saat Sekarang ini ?

OLEH
MELYANA PURBA
Nim : 1143113020
Jurusan PG-PAUD
KELAS : REG – B ‘2014
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN



PENDAHULUAN

Perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi yang maju di kehidupan kita membuat orang tua dan guru memiliki peran penting dalam pengenalan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu komputer. Di zaman yang sangat modern pada saat ini perkembangan teknologi terus berkembang. Karena perkembangan teknologi akan berjalan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin tinggi. Teknologi diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan memberikan nilai yang positif. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Saat sekarang ini komputer tidak asing lagi bagi dunia anak karena memang anak sudah mengenal komputer tetapi hanya sekedar untuk permainan baginya, baik secara offline maupun secara online. Untuk itu, semenjak dini pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak-anak kita. Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan sebuah Bangsa dan Negara. Dalam pengenalan komputer, kita bisa menceritakan manfaat dan kegunaan komputer bagi kehidupan kita. Selain itu, komputer juga bisa mengembangkan segala aspek perkembangan anak baik kognitif, bahasa, fisik motorik, seni dan lain-lain sebagainya, maka memang diharuskan untuk penngenalan komputer pada anak usia dini.
Anak memiliki karateristik yang unik dan berbeda- beda. Salah satu karakteristik penting pada anak usia dini adalah rasa keingintahuan yang sangat besar. Seringkali mereka banyak bertanya untuk mengetahui banyak hal yang menarik bagi mereka. Sebagai orang tua kita tidak boleh bosan dengan banyak pertanyaan yang mereka ajukan. Terlebih jika hal-hal yang mereka ingin ketahui termasuk hal yang baru untuk mereka. Karena proses belajar pada hakikatnya diawali dengan rasa ingin tahu yang ada dalam diri seseorang. Tanpa adanya rasa ingin tahu, seseorang tidak akan pernah tertarik untuk belajar. Dan pengalaman belajar akan sangat berkesan jika anak melakukan langsung. Ajaklah anak untuk mengamati, melihat dan menyentuh langsung obyek yang akan dipelajari. 
Pembelajaran tentang teknologi komputer pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal perangkat komputer sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat komputer yang memudahkan kerja kita semua. Penjelasan tentang teknologi komputer ini hendaknya dilakukan dalam suasana menyenangkan dan dengan bahasa yang sederhana pula. Pengenalan potensi komputer untuk pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya dengan program aplikasi menggambar kita dapat mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk belajar menggeser mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak akan terlihat pada layar monitor.




PEMBAHASAN



 BAB I



 



A.     Perkembangan Anak

Bermain adalah perangkat untuk membangun pengetahuan anak. Piaget percaya bahwa bermain memiliki tempat istimewa dalam kehidupan setiap anak manusia. Seorang anak memperoleh pengetahuan bukan hanya melalui informasi dari lingkungan atau dengan meniru kegiatan orang lain, melainkan juga dalam proses bermain. Sama halnya dengan memainkan komputer, bukan hanya sekedar pengetahuan bagaimana memainkan computer yang di ajarkan tapi dengan bersamaan juga bisa mngembangkan motorik anak, misalnya merangsang motoric tangan anak dan menyeimbangkan koordinasi mata anak. Selain itu, juga bisa merangsang kecerdasan anak melalui permainan komputer. Gardner menciptakan teori “multiple Intelligence” yaitu kescerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan pasial, kecerdasan bermusik, kecerdasan bodi kinestetik,kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksitensi dan kecerdasan moral yang bisa kita kembangkan melalui permainan komputer.

B.     Manfaat Komputer Untuk Anak Usia Dini

Komputer kini telah menjadi salah satu media pembelajaran alternatif komputer untuk anak usia dini. Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menarik. Semakin anak tertarik kepada program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka membaca melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada belajar membaca dari buku yang itu-itu saja.
Selain program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Akan tetapi, permainan elektronik tersebut dapat membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, dan membangkitkan semangat kepemimpinan.
Karena sering menggunakan komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program olah kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak juga memungkinkan memiliki kosa kata dalam bahasa Inggris melalui komputer.
Metode atau cara mendidik anak pada usia dini, tentu sangatlah berbeda dengan metode atau cara mendidik anak pada masa remaja atau masa setelahnya. Untuk mendidik anak pada usia dini, kita harus menyajikan materi yang akan kita ajarkan dengan desain yang sangat menyenangkan, salah satunya dengan komputer.
Dengan komputer, proses belajar anak akan terasa sangat menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, dengan komputer kita bisa memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk pendidikan anak pada usia dini. Dengan komputer pula, kita sebagai pendidik akan merasa sangat terbantu dengan penyampaian yang disajikan oleh komputer tanpa meragukan hasil yang kurang optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni yang dapat bergerak serta didukung dengan suara atau nyanyian yang riang gembira dapat merangsang anak untuk lebih betah bermain sambil belajar. Karena hanya metode bermain sambil belajarlah yang cocok diberikan kepada anak usia dini.
Selain itu, orang tua dan juga harus memperhatikan permainan yang dimainkan anak, misalnya ada permainan yang sifatnya kekerasan yang juga bisa menimbulkan rasa ingin malukakan dari apa yang dia lihat dan mainkan. Berikan permainan yang memang utuk mendidik dan merangsang berbagai aspek perkembangan anak.


a. Dampak positif Komputer Sebagai Media Pembelajaran Anak


Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menarik. Semakin anak tertarik kepada program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka membaca melalui program yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada belajar membaca dari buku yang itu-itu saja.Selain program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Akan tetapi, permainan elektronik tersebut dapat membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, dan membangkitkan semangat kepemimpinan.Karena sering menggunakan komputer, anak dapat mengoprasikan berbagai program olah kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak juga memungkinkan memiliki kosa kata dalam bahasa Inggris melalui komputer.

b. Dampak Negatif Komputer sebagai Media Pembelajaran Anak


Selain manfaat, bukan tidak mungkin komputer sebagai media pembelajaran anak memiliki dampak yang negatif. Salah satu dari dampak negatif tersebut adalah, kemungkinan besar anak mengonsumsi permainan yang menonjolkan unsur-unsur kekerasan tanpa sepengetahuan orang tua.Disamping itu, anak akan kehilangan waktu bermain dengan teman seusianya yang akan menjadikan kurangnya keseimbangan kehidupan sosial anak tersebut. Anak juga menjadi malas belajar karena banyak waktu yang dihabiskan di depan komputer, sehingga mengakibatkan prestasi akademiknya menurun. Akses internet juga akan berdampak negatif walaupun sesungguhnya, mampu mengakses internet adalah awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Anak akan terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet. Karena melalui internet, berbagai materi yang bermuatan seks, kekerasan, dan lain sebagainya, dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang.Selain dampak-dampak yang telah disebutkan diatas, dampak lain yang datang dari bidang kesehatan juga banyak dialami oleh para pengguna komputer. Contohnya : repetitive stress atau strain injury, kelelahan mata dan sakit kepala, sakit punggung dan leher, dan lain sebagainya. Tentunya kita tidak mau jikalau anak kita yang masih dalam masa perkembangan  sudah mengalami gangguan kesehatan yang telah disebut diatas. Nina Armando, Staf Pengajar Jurusan Komunikasi FISIP UI, mengatakan bahwa kemunculan teknologi komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak seperti menambah pengetahuan baru untuk anak dan jemari atau bagian motorik anak juga akan brkrmbang secara lansug karena ada rangsangan saat memegang keyboard atau mengklik. Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Nina mengungkapkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks, saat tengah berselancar di internet.


  



 PENUTUP

BAB III



 

 
 KESIMPULAN


Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran komputer utuk anak usia dini sangat diperlukan disaat sekarang ini dengan melihat perkembangan teknologi saat sekarang ini. Manfaat menstimulasi melalui permainan komputer agar anak dapat belajar dengan media yang nyata sehingga pembelajaran menjadi hidup dan tidak membosankan bagi anak. Bisa mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak yaitu kognitif, bahasa, fisik motorik,seni dan kreativitas anak. Merangsang penglihatan dan pendengaran anak (audio visual), dengan pembelajaran melalui game, pembelajaran tidak akan membosankan bagi anak.

1 komentar: