PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI
OLEH : LOLO HERDALINA MNIM : 1143113017
REGULER B PG.PAUD 2014
1.Pengertian motorik kasar
Motorik kasar adalah bagian dari aktivitas motorik yang mencakup keterampilan otot-otot besar, gerakan ini lebih menuntut kekuatan fisik dan keseimbangan, geakan motorik kasar melibat kan aktivitas otot tangan, kaki, dan seluruh anak, gerakan ini mengandal kan kematangan dalam koordinasi, berbagai gerakan motorik kasar yang di capai anak sangat beguna bagi kehidupannyakelak,seperti,merangkak, berjalan, berlari, melompatatau berenang,
Tujuan dan fungsi pengembangan motorik kasar :
a. Untuk kesimbangan tubuh anak
b. Melentur kan otot-otot anak
c. Mengembangkan kecerdasan anak karena dapat merangsang otak melalui gerakan aliran atau peredaran darah yang lancar yang dapat mengalirkan oksigen ke otak sehingga syaraf-syaraf otak dapat berkembang
d. Untuk kelincahan gerakan anak
e. Sebagai alat untuk menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat dan terampil
f. Meningkatkan kemampuan mengelola, mengontol gerakan tubuh dan koordinasi serta meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat
2.Perkembangan motorik kasar anak usia dini
Perkembangan motorik merupakan proses memperoleh keterampilan dan pola gerakan yang dapat di lakukan anak, misalnya dalam kemampuan motorik kasar anak belajar menggerkkan seluruh tubuh, kemudian metode yang di gunakan adalah metode kegiatan yang dapat memacu semua kegiatan motorik kasar yang perlu di kembangkan anak seperti anaka dapat belajar menangkap bola, menendang, meloncat dan lain sebagainya
Pada usia 3-4 tahun perkembnagan motorik kasar anak, seperti, menangkp bola besar dengan tangan lurus di depan badan, berdiri dengan 1 kaki selama 5 detik, melompat sejauh 1 meter menggunakan bahu dan siku pada saat melempar bola hingga 3 meter, melompat dengan satu kaki,dll
Sedangkan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun seperti, berlari dan langsung menendang bola, melompat-lompat dengan kaki bergantian, melambungkan bola tenis dengan satu tangan dan menangkapnya dengan satu tangan, berjalan pada garis yang sudah di tentukan, berinnjit dengan tangan dan pinggul, mengayuhkan satu kaki kedepan atau kebelakang tanpa kehilangan keseimbangan
3. Prinsip perkembangan motorik kasar
a. Anak usia TK sudah memiliki kemampuan melihat dengan fokus yang benar, sehingga guru dapat memberikan aktivitas melempar bola, ia telah memiliki kemampuan melihat bola di lempar kea rah nya dan d I tangkap oleh tangan, guru dapat menciptakan aneka aktivitas dengan menggunakan karakteristik ini.
b. Anak usia TK telah dapat melakukan serangkaian gerakan secara berkelanjutan misalnya gerakan menangkap, melempar, menedang.
c. Guru perlu memberikan relaxasi pada anak setelah mereka beraktivitas atau melakukan suatu gerakan.
d. Gerakan oposisi, gerakan ini perlu di perkenalkan pada anak, gerakan oposisi adalah gerakan seperti berjalan atau berlari dimana posisi tangan kanan di ayun kan ke depan di koordinasikan dengan langkah kaki kanan ke depan. Koordinasi ini dapat di latih kan kepada anak dalam kegiatan baris berbaris
e. Pemindahan beban, gersksn pemindahan pada anak dapat di lakukan dengan mengajar kan kepada mereka gerakan memanjat pohon. Pemindahan beban dengan satu kaki dapat mengajar kan keseimbangan dan merasakan pemindahan beban pada tubuh mereka
f. Tenaga sebagai guru TK memberikan aktivitas kepada anak TK sebagai contoh menendang bola atau menahan beban.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar