ARTIKEL KOMPUTER
Tentang Pembelajaran Komputer bagi Anak Uia Dini
Disusun
Oleh :
KELOMPOK 8
NURHALIMAH ( 1142113007)
ULFA RAFIQAH (1141113032 )
SITI ZAHARA (1141113028 )
NOVIA HARTINAH (1141113023)
WIDYA (1142113016
)
Dosen Pembimbing : Drs. Dwi Budiwiwaramulja,
M.Sn.
PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS IMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Pendidikan adalah merupakan aset
penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Oleh karena itu setiap warga Negara harus
dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini,
pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Kebanyakan anak-anak
Indonesia dalam memulai proses masuk ke lembaga pendidikan, mengabaikan
pendidikan anak usia dini, padahal untuk membiasakan diri dan mengembangkan
pola pikir anak pendidikan sejak usia dini mutlak diperlukan. Sudah bukan
informasi baru lagi, mengenai 3 tahun pertama anak adalah usia emas baginya
untuk menyerap informasi sebanyak-banyaknya.
Anak
usia dini adalah anak yang berusa 0-6 tahun dimana pada usia tersebut anak
dikatan sebagai “golden age” yaitu masa keemasan. Dalam usia keemasan tersebut
pendidik hendaklah terus mengasah kemampuan yang dimiliki oleh anak yaitu
dengan memberikan sejumlah informasi
yang menambah pengetahuan anak, karena anak memiliki rasa ingin tahu yang
tinggi. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa computer memiliki manfaat bagi
pengembangan potensi anak usia dini. Tidak ada salahnya jika computer menjadi
salah satu alternative tanpa mengesampingkan bahan-bahan tradisional lainnya
dalam pendidikan anak usia dini. Karena anak usia dini merupakan usia kritis
untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki anak sehingga perlu
difasilitasi agar memperoleh hasil yang optimal.
Dalam
era global, peranan computer untuk anak usia dini sangatlah penting, dalam
mengajarkan computer untuk anak usia dini guru dapat memperkenalkan computer
pada anak dimulai dengan cara memberi tahukan pada anak apa manfaat computer
itu bagi kehidupan sehari-hari. Misalnya
computer dapat digunakan untuk mendengarkan music, menonton film, dan bermain
game. Dalam memperkenalkan computer, guru juga dapat memperkenalkan berbagai
game edukatif yang dapat menambah daya pikir anak ketika memainkan game
tersebut, tidak hanya menambah daya pikir anak, ketika bermain game juga dapat
memperkenalkan bagian dari computer, misalnya ketika anak menggunakan mouse, dalam
hal ini dapat mengembangkan motorik halus anak dan ketika bermain game dapat
mengembangkan seni dan kognitif. Game tersebut akan sangat bermanfaat pada anak
seperti prinsip belajar pada anak usia
dini yaitu bermain seraya belajar.
Namun
semua itu tidak terlepas dari bimbingan orangtua,guru,dan orang dewasa lainnya.
Kita bertugas untuk mengawasi, mengatur jadwal anak untuk bermain computer dan
juga memilihkan aplikasi yang memang telah sesuai dengan perkembangan anak saat
itu. Sehingga dampak negative dari computer pada anak dapat di minimalisir.
B. RUMUSAN MASALAH
Bagaimana peranan computer bagi anak
usia dini
C. TUJUAN
1. Mendeskripsikan pentingnya komputer
bagi anak usia dini
2. Mendeskripsikan manfaat komputer
sebagai media pembelajaran anak
3. Mendeskripsikan untuk menjadikan
komputer yang aman dan bermanfaat bagi anak
D. MANFAAT
1. Mengetahui pentingnya computer bagi
anak usia dini
2. Mengetahui manfaat computer sebagai
media pembelajaran
3. Mengetahui bagaimana menjadikan
computer agar aman bagi dan bermanfat bagi anak usia dini
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengenalan Komputer Pada Anak Usia Dini
Pengenalan
Komputer pada anak usia dini salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan
oleh pendidik anak usia dini adalah menyiapkan anak didik agar dapat hidup di
masa depan dengan lebih baik. Diperikrakan pada masa depan nanti penggunaan
teknologi akan semakin mendominasi kehidupan kita. Untuk itu, semenjak dini
pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak didik. Karena
penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan suatu bangsa.. Mereka
membutuhkan banyak waktu untuk bereksperimen dan eksplorasi. Pada awalnya
anak-anak menggunakan komputer dengan bantuan orang dewasa. Mereka lebih
perhatian, lebih minat dan berkurang frustasinya ketika orang dewasa ada
bersamanya. Selanjutnya bantuan dan supervisi orang dewasa menjadi minimal
karena mereka sudah bisa mengoperasikan komputer.
Penelitian menunjukkan bahwa bagi
anak usia 3 dan 4 tahun, komputer memiliki manfaat dalam mempertinggi
kreativitas, intelegensi, keterampilan nonverbal, pengetahuan struktural,
ingatan jangka panjang, kecekatan tangan, keterampilan verbal, penyelesaian
masalah abstraksi, keterampilan konseptual dan harga diri. Sedangkan untuk anak
taman kanak-kanak dan SD awal adalah meningkatkan keterampilan motorik,
mempertinggi berpikir matematis, meningkatkan kreativitas, skor tes yang tinggi
pada berpikir kritis dan penyelesaian masalah, effectance motivation –keyakinan
bahwa mereka dapat merubah atau mempengaruhi lingkungan mereka, serta
meningkatkan skor penilaian bahasa
Pengajaran yang diperoleh anak pada
usia ini akan menentukan nilai-nilai atau keterampilan yang akan mereka miliki
di masa mendatang. Berdasarkan atas penemuan di atas, adalah penting bagi kita
untuk memperkenalkan anak-anak kepada komputer ketika mereka masih dini,
misalkan ketika mereka masih berusia 18 bulan. Tetapi pada usia ini, mereka
masih belum bisa menggunakan komputer. Di atas usia 18 bulan, anak–anak masih
mencoba menguasai perkembangan keterampilan fisik dasar seperti
merangkak,berjalan dan berbicara. Kita hanya dapat memberikan pengenalan kepada
mereka sampai sejauh penglihatan dan perasaan mengenai komputer. Dengan
demikian kita bisa menanamkan benih perhatian pertama dalam pikiran anak-anak.
Pembelajaran tentang teknologi computer pada anak usia dini
dilakukan hanya sebatas mengenal perangkat computer sebagai teknologi yang
dapat membantu pekerjaan manusia. Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang
dapat dimanfaatkan oleh perangkat computer yang memudahkan kita semua.
Penjelasan tentang teknologi komputer ini hendaknya dilakukan dalam suasana
menyenangkan dan dengan bahasa yang sederhana pula
Pengenalan potensi komputer untuk pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya dengan program aplikasi Power Paint guru dapat mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk belajar menggeser mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak akan terlihat pada layar monitor. Anak dapat mem-print out hasilnya dan menyimpannya sebagai dokumen portofolio.
Pengenalan potensi komputer untuk pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya dengan program aplikasi Power Paint guru dapat mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk belajar menggeser mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak akan terlihat pada layar monitor. Anak dapat mem-print out hasilnya dan menyimpannya sebagai dokumen portofolio.
Dengan potensi multimedia yang dimiliki komputer juga dapat
digunakan untuk memainkan program musik dan mengiringi anak-anak bernyanyi.
Disamping itu guru juga dapat mengajak anak untuk memutar film-film
pendidikan.Hal ini tentu saja sesuai dengan karakteristik perkembangan anak
usia dini yang berada dalam tahapan praoperasional dimana anak belum mampu
berpikir secara abstrak. Dengan pemanfaatan berbagai program aplikasi secara
tepat akan dapat membantu anak memahami materi belajar dengan lebih baik. Misalnya
dalam pengenalan huruf dan angka, guru dapat memanfaatkan program power point
untuk merancang pembelajaran.
B. Manfaat Komputer Sebagai Media Pembelajaran Anak
Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang
belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian
menarik. Semakin anak tertarik kepada program tersebut, semakin tertarik pula
dia untuk belajar. Selain program pendidikan, komputer juga menawarkan program
aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus
diberi muatan pendidikan formal tertentu. Akan tetapi, permainan elektronik
tersebut dapat membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat
strategi, dan membangkitkan semangat kepemimpinan. Karena sering menggunakan
komputer, anak dapat mengoprasikan berbagai program olah kata dan angka. Para
balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program
pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak juga memungkinkan memiliki
kosa kata dalam bahasa Inggris melalui komputer.
Penggunaan komputer dalam aktivitas pembelajaran pada
anak-anak mampu memberikan pangalaman belajar yang variatif. Hal ini di
mungkinkan karena program komputer mampu menyajikan informasi dalam format
multimedia dengan menggunakan beberapa pendekatan seperti permainan, simulasi,
dan presentasi. Komputer dengan kemampuan multimedianya mampu memperlihatkan
objek yang realistik.
C. Menjadikan Komputer Aman Dan Bermanfaat Bagi Anak
Mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak
dapat dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang, akan tetapi anak harus
dikenalkan dengan computer walaupun ada pengaruh yang tidak baik yang dapat
ditimbulkan, ada baiknya kita menyusun siasat dalam mengenalkan komputer pada
anak.
Berikut adalah beberapa siasat yang dapat dilakukan dalam
mengenalkan komputer pada anak,yaitu:
1) Kenalkan komputer pada anak sesuai
dengan usia mereka.
Pengenalan bagi anak balita, dapat dimulai dengan membimbingnya menyentuh komputer, memegang mouse, mengetik huruf-huruf pada keyboard. Anak-anak di atas usia balita dapat mulai diperkenalkan pada berbagai program komputer yang menarik bagi mereka, khususnya program yang bersifat edukatif. Pilihkan program aplikasi yang tepat bagi mereka. Jangan membiarkan mereka membeli atau meminjam program tanpa sepengetahuan anda.
Pengenalan bagi anak balita, dapat dimulai dengan membimbingnya menyentuh komputer, memegang mouse, mengetik huruf-huruf pada keyboard. Anak-anak di atas usia balita dapat mulai diperkenalkan pada berbagai program komputer yang menarik bagi mereka, khususnya program yang bersifat edukatif. Pilihkan program aplikasi yang tepat bagi mereka. Jangan membiarkan mereka membeli atau meminjam program tanpa sepengetahuan anda.
2) Temani anak saat mereka menggunakan
komputer. Arahkan dan bimbing mereka dalam komunikasi yang hangat. Ada baiknya
anda menggunakan password agar anak tidak bisa menggunakan komputer tanpa
pengawasan anda.
3) Buatlah kurikulum sendiri di rumah. Contohnya,
jangan perlihatkan semua program aplikasi yang akan anda berikan kepada anak.
Berikan satu per satu, tahap demi tahap. Jika memungkinkan, buatlah tes kecil
untuk mereka. Jika lulus, barulah mereka mendapatkan program yang baru dari
anda.
4) Kembangkan kemampuan menggunakan
computer. Pendidik dan orang tua hendaknya terus mengembangkan pula kemampuan
dan keterampilan dalam menggunakan komputer. Terkadang yang terjadi malah
sebaliknya, anak sudah lebih canggih dari orang tua mereka. Hal tersebut dapat
mengakibatkan pengawasan dan bimbingan menjadi terbatas pada kemampuan pendidik
atau orang tua saja. Jadilah sumber pertama bagi anak anda mengenai
perkembangan-perkembangan tersebut.
5) Buatlah kesepakatan bersama anak
mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukannya dengan komputer.
Jangan membuat peraturan anda sendiri, libatkan anak dalam membuat peraturan agar
anak juga dapat merasakan tanggung jawab untuk untuk melaksanakan setiap
peraturan yang sudah dibuat bersama.
6) Jangan letakkan komputer di kamar
pribadi anak. Sebaiknya komputer tidak diletakkan di kamar pribadinya anak,
karena hal tersebut akan mempersulit pengawasan orang tua kepada anak dalam
menggunakan komputer.
7) Menyediakan tempat yang aman.
Komputer juga mempunyai efek-efek
tertentu bagi fisik seseorang. Perhatikan masalah tata ruang, cahaya, bahaya
listrik, posisi duduk, tinggi meja dan kursi, dan lain-lain. Supaya anak
benar-benar dalam keadaan yang betul-betul nyaman, aman dan sehat saat
menggunakan komputer.
D. Cara Komputer Mempengaruhi Anak
Metode atau cara mendidik anak pada usia dini, tentu
sangatlah berbeda dengan metode atau cara mendidik anak pada masa remaja atau
masa setelahnya. Untuk mendidik anak pada usia dini, kita harus menyajikan
materi yang akan kita ajarkan dengan desain yang sangat menyenangkan, salah
satunya dengan komputer. Dengan komputer, proses belajar anak akan terasa
sangat menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, dengan komputer kita
bisa memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk pendidikan anak pada
usia dini. Dengan komputer pula, kita sebagai pendidik akan merasa sangat
terbantu dengan penyampaian yang disajikan oleh komputer tanpa meragukan hasil
yang kurang optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni yang dapat bergerak
serta didukung dengan suara atau nyanyian yang riang gembira dapat merangsang
anak untuk lebih betah bermain sambil belajar. Karena hanya metode bermain
sambil belajarlah yang cocok diberikan kepada anak usia dini.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pengenalan
Komputer pada anak usia dini salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan
oleh pendidik anak usia dini untuk menyiapkan anak didik agar dapat hidup di
masa depan dengan lebih baik. Dengan
menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat
lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menarik. Penggunaan komputer dalam
aktivitas pembelajaran pada anak-anak mampu memberikan pangalaman belajar yang
variatif.
B. SARAN
1. Sebaiknya para orang tua dapat
mengenalkan komputer bagi anak usia dini dengan cara memasukan anak ketempat
kursus ( kursus komputer ), agar anak dalam proses belajar komputer dapat
berjalan dengan baik serta anak juga mendapatkan pengarahan dari orang dewasa
tersebut. Dengan cara ini akan lebih efektif penggunaanya karena adanya
pengontrolan dari orang dewasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar