Selasa, 17 Mei 2016

KELOMPOK 1 KELAS REGULAR A (LELI MAIMUNAH,MASYUNITA SIREGAR, MUTIARA ERNANDA PUTRI, WINDI NURIKA)

PENGGUNAAN PLAYSTORE UNTUK MENAMBAH PEMBENDAHARAAN LAGU ANAK
(APLIKASI KAK ZEPE)

OLEH KELOMPOK 1
LELI MAIMUNAH
MASYUNITA SIREGAR
MUTIARA ERNANDA PUTRI
WINDI NURIKA

PG-PAUD REGULAR A
2014

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan prasekolah yang ditujukan kepada anak usia lahir hingga usia lima atau enam tahun. Usia dini adalah usia golden age, 80% perkembangan otak individu berlangsung pada usia tersebut. Sehingga stimulus dari lingkungan anak sangat dibutuhkan untuk merangsang bakat dalam diri anak. Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini menjadi salah satu wadah untuk memberikan stimulus pada anak usia dini dengan konsep bermain sambil belajar, belajar sambil bermain. Sehingga pemerintah menggalakkan lembaga PAUD di berbagai desa. Tidak hanya pemerintah, banyak juga masyarakat yang turut andil dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Sekarang ini banyak TK/RA, KB dan TPA yang didirikan oleh masyarakat.
Pemerintah tidak hanya menyediakan sarana dan prasarana untuk lembaga PAUD. Tenaga pendidik di dalam lembaga PAUD juga menjadi sorotan pemerintah. Seperti yang terlihat di lapangan, semakin banyak universitas yang membuka jurusan untuk membentuk calon guru PAUD yang berkompeten. Salah satunya adalah di Universitas Negeri Medan, jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinitelah berdiri sejak tahun 2008 dan merupakan pengembangan dari program Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak. Jumlah mahasiswa yang diterima di Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini tersebut semakin bertambah setiap tahunnya.
Di zaman era globalisasi sekarang ini, semakin banyak cara-cara praktis untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada anak usia dini. Salah satunya melalui aplikasi yang ada di google playstore. Sebagai guru Pendidikan Anak Usia Dini, hendaknya mampu memiliki pengetahuan yang lebih luas untuk memanfaatkan teknologi demi keberlangsungan pembelajaran. Untuk itu kami membuat artikel  tentang pemanfaatan teknologi yang berguna sebagai pembendaharaan lagu anak usia dini.
B.     Rumusan Masalah
1.      Mengapa mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini perlu memiliki banyak perbendaharaan lagu anak usia dini?
2.      Bagaimana cara meningkatkan perbendaharaan lagu anak usia dini dikalangan mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui aplikasi?

C.    Tujuan
Artikel ini disusun untuk memberikan pemahaman bagi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ataupun guru PAUD betapa pentingnya perbendaharaan lagu anak usia dini bagi mereka. Selain itu, tujuan dari artikel ini adalah untuk memecahkan masalah kurangnya perbendaharaan lagu para mahasiswa PG PAUD dan guru PAUD.















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pentingnya Pembendaharaan Lagu Anak Bagi Mahasiswa PG PAUD
Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai landasan dari fungsi mahasiswa itu sendiri meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Pelatihan dan Pengawasan, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Artinya seseorang yang mengenyam pendidikan ditingkat Universitas haruslah memiliki ciri dari ketiganya sehingga ia lah yang dikatakan sebagai mahasiswa sebenar-benarnya. Khusunya mahasiswa Pendidikan Guru PAUD, mengeksplor ilmu yang ia dapatkan melalui berbagai sumber untuk kemudian di aplikasikan kepada masyarakat yaitu anak-anak. Salah satunya yaitu lagu, senjata ampuh seorang guru PAUD yaitu melalui nyanyian yang ia bawakan. 
Menurut UU No.20 Tahun 2003 tentang sisdiknas menyatakan bahwa:“Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”. Artinya sebagai calon pendidik PAUD harus benar-benar mengutamakan konsep bermain sembari belajar dengan memperhatikan karakteristik, minat dan bakat anak untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya salah satunya melalui nyanyian. Hal tersebut didukung dengan pasal  13 UU No 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dimana pembelajaran dilakukan melalui bermain secara interaktif,  inspiratif, menyenangkan, kontekstual dan berpusat pada anak. Sudah sangatlah jelas, bahwa pembelajaran yang dilakukan semata-mata untuk membuat suasana menyenangkan sehingga apa yang disampaikan guru dapat bermakna bagi si anak yaitu melalui sebuah lagu.
Sebagai mahasiswa PG PAUD artinya sedang mempersiapkan diri menempah jiwa dan fikiran untuk bisa berdiri kokoh saat berada di lapangan nanti. Bukan hanya teori yang harus dikuasai tetapi meliputi seluruh cakupan kompetensi pendidik. Dalam UU No 137 Tahun 2014 pada Pasal 24  ayat 1 Bab VII tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan mengatakan bahwa pendidik anak usia dini merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan, pelatihan,  pengasuhan dan perlindungan.Hal ini artinya, seorang pendidik PAUD harus benar-benar menguasai strategi pembelajaran didalam kelas untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan terdidik. Pembelajaran yang optimal, memang harus diberdayakan berpusat pada anak serta member rasa nyaman dan aman bagi si anak. Salah satunya melalui keterampilan menyanyi. Kembali lagi kepada hakikat PAUD tersebut dimana semua yang dilakukann semata-mata demi pertumbuhan dan perkembangan anak didik, melalui bernyanyi anak dapat mengembangkan bahasa, motorik dan sosialnya.
Menurut UU Republik Indonesia Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh guru PAUD yaitu adalah keterampilan bernyanyi dan menguasai lag-lagu anak usia dini.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, lagu merupakan ragam suara yang berirama dalam percakapan, bernyanyi, atau membaca. Dalam Wikipedia online menyebutkan bahwa lagu merupakan gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan berkesinambungan (mengandung irama). Jadi lagu merupakan ragam suara atau bunyi yang dikeluarkan melalui bunyi vokal dengan irangan musik serta berkesinambungan. (Afandi, 2013)
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa keterampilan menguasai pembendaharaan lagu bagi seorang pendidik PAUD yang profesional ataupun mahasiswa PG PAUD sangat dibutuhkan demi menciptakan pembelajaran yang bermakna melalui suara dan diiringi musik.
B.     Cara Meningkatkan Pembendaharaan Lagu Anak Usia Dini Melalui Aplikasi

a.       Pengertian Aplikasi
Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program siap pakai yang dibuat untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.
Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer lagsung untuk melakukan suatu tugas yang diingankan pengguna. Biasanyadibandingkan denganperangkat lunak sistem yang mengitegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contohnya  adalah Micosoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu apliksi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya.
Pengertian aplikasi menurut para ahli adalah sebagai berikut
a.       Menurut Jogiyanto (1999:12) adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.
b.      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52) adalah penerapan dari rancang sistembuntuk mengelolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemograman tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.
c.       Menurut Rachmad Hakim S, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur Windows dan permaian (game), dan sebagainya.
Jadi aplikasi adalah Suatu progam komputer yang berguna untuk memudahkan yang mengakses untuk  memperoleh data, mulai dari dokumen, game.

C.     Cara Menggunakan Aplikasi Internet
            Aplikasi adalah suatu program komputer yang berguna untuk memudahkan yang mengakses untuk mendapatkan atau memperoleh data mulai dari dokumen, game, tema, buku, film, dan lain lain. Dan pada pembahasan tentang “Teknologi dalam menambah perbendaharaan lagu melalui aplikasi”, Maka kami mengambil salah satu contoh aplikasi lagu anak di playstore yaitu lagu-lagu ciptaan Kak Zepe.
Cara Memasang aplikasi lagu anak ciptaan kak Zepe, dengan menggunakan gadget :
·         Buka Playstore di gadget
·         Lalu klik tombol di atas playstore, tulisannya “search” atau “Telusuri google play”
·         Ketik aplikasi yang di download, pada pebahasan tentang “teknologi dalam menambah perbendaharaan lagu melalui aplikasi.
 download di playstore dengan keyword “Aplikasi lagu Kak Zepe”
·         Setelah muncul tampilan ini, klik “pasang”











·         Setelah di “pasang”, maka akan muncul tampilan              
                    

·         Pada tampilan tersebut, klik “buka”, maka akan muncul
     
     
·         Maka akan muncul tampilan pilihan lagu yang terdiri dari 10 tema.
Umumnya, mahasiswa tidak lepas dari pemakaian gadget. Untuk menambah perbendaharaan lagu, mahasiswa bisa memanfaatkan teknologi gadget tersebut, dengan menggunakan aplikasi google playstore untuk mendownload aplikasi lagu-lagu anak. Dengan memiliki banyaknya lagu aan
anak,maka akan memudahkan mahasiswa untuk menerapkan proses pembelajaran di lapangan kelak. Bukan hanya aplikasi “Lagu anak kak Zepe”  yang dapat kita gunakan, tetapi masih banyak aplikasi lain seperti “Kumpulan Lagu Anak”, “Lagu Anak Indonesia Lengkap”, “Lagu Anak Inggris”, “Lagu Anak Islami” dan lain lain.



















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Mahasiswa PG PAUD perlu memiliki pembendaharaan lagu karena sebagai calon pendidik tentunya harus memilki kompetensi mengajar berdasarkan kualifikasi akademik guru paud.
2.      Perbendaharaan lagu AUD untuk guru ataupun calon guru paud (mahasiswa PG-PAUD) adalah salah satu kompetensi khusus yang harus di miliki. Sesuai dengan pengertian lagu anak adalah lagu yang dinyanyikan oleh anak untuk anak. Melalui lagu AUD guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan AUD
3.      Untuk menambah perbendaharaan lagu AUD dikalangan mahasiswa ataupun guru PAUD terdapat berbagai cara yang dilakukan. Seperti dengan perkembangan kreativitas guru atau mahasiswa PG-PAUD melalui penciptaan lagu sendiri atau mengubah lagu syair lagu dengan nada yang sama. Era globalisasi ini banyak kemudahan yang kita peroleh ketika kita dapat menggenggam dunia melalui gadget yang kita miliki. Salah satu sisi positif dari gadget adalah dapat menambah perbendaharaan lagu AUD untuk mahasiswa PG-PAUD dan guru PAUD melalui aplikasi guru AUD. Dewasa ini, telah tersedia aplikasi yang memberikan berbagai jenis lagu AUD , yaitu “Lagu Anak Kak Zepe”. Aplikasi ini dibentuk oleh seorang pemerhati lagu AUD dan atas kepeduliannya beliau menciptakan aplikasi yang sangat membantu bagi guru dan mahasiswa PG-PAUD. Di dalam aplikasi “Lagu Anak Kak Zepe”, kita menemukan banyak pilihan lagu yang dapat kita sesuaikan dengan tema pembelajaran.

B.     Saran
1.      Sebagai guru PAUD dan mahasiswa PG-PAUD haruslah memiliki banyak pembedaharaan lagu AUDD. Karena sebagai calon pendidik tentunya harus memilki kompetensi mengajar berdasarkan kualifikasi akademik guru paud.
2.      Sebagai guru PAUD dan mahasiswa PG-PAUD haruslah cedas dalam menggunakan gadget, di era globalisasi kekinian mahasiswa menambah perbendaharaan lagu dapat dengan mendownload aplikasi lagu dengan menggunakan aplikasi google playstore di gadget


























DAFTAR PUSTAKA

 

Afandi, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
PERMENDIKBUD No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
PERMENDIKBUD No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar