PENGGUNAAN PLAYSTORE UNTUK MENAMBAH PEMBENDAHARAAN LAGU ANAK
(APLIKASI KAK ZEPE)
OLEH KELOMPOK 1
LELI MAIMUNAH
MASYUNITA SIREGAR
MUTIARA ERNANDA PUTRI
WINDI NURIKA
PG-PAUD REGULAR A
2014
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan
Anak Usia Dini adalah pendidikan prasekolah yang ditujukan kepada anak usia
lahir hingga usia lima atau enam tahun. Usia dini adalah usia golden age, 80% perkembangan otak
individu berlangsung pada usia tersebut. Sehingga stimulus dari lingkungan anak
sangat dibutuhkan untuk merangsang bakat dalam diri anak. Lembaga Pendidikan
Anak Usia Dini menjadi salah satu wadah untuk memberikan stimulus pada anak
usia dini dengan konsep bermain sambil belajar, belajar sambil bermain. Sehingga pemerintah
menggalakkan lembaga PAUD di berbagai desa. Tidak hanya pemerintah, banyak juga
masyarakat yang turut andil dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Sekarang
ini banyak TK/RA, KB dan TPA yang didirikan oleh masyarakat.
Pemerintah
tidak hanya menyediakan sarana dan
prasarana untuk lembaga PAUD.
Tenaga pendidik di dalam lembaga PAUD juga menjadi sorotan pemerintah. Seperti
yang terlihat di lapangan, semakin banyak universitas yang membuka jurusan
untuk membentuk calon guru PAUD yang berkompeten. Salah satunya adalah di
Universitas Negeri Medan, jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia
Dinitelah berdiri sejak tahun 2008 dan merupakan pengembangan dari program
Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak. Jumlah mahasiswa yang diterima di Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini tersebut semakin bertambah setiap tahunnya.
Di zaman era globalisasi sekarang ini, semakin banyak
cara-cara praktis untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada anak usia dini.
Salah satunya melalui aplikasi yang ada di google
playstore. Sebagai guru Pendidikan Anak Usia Dini, hendaknya mampu memiliki
pengetahuan yang lebih luas untuk memanfaatkan teknologi demi keberlangsungan
pembelajaran. Untuk itu kami membuat artikel
tentang pemanfaatan teknologi yang berguna sebagai pembendaharaan lagu
anak usia dini.
B.
Rumusan
Masalah
1. Mengapa
mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini perlu memiliki banyak
perbendaharaan lagu anak usia dini?
2. Bagaimana
cara meningkatkan perbendaharaan lagu anak usia dini dikalangan mahasiswa
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
melalui aplikasi?
C.
Tujuan
Artikel
ini disusun untuk memberikan pemahaman bagi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini ataupun guru PAUD betapa pentingnya perbendaharaan lagu anak usia
dini bagi mereka. Selain itu, tujuan dari artikel ini adalah untuk memecahkan
masalah kurangnya perbendaharaan lagu para mahasiswa PG PAUD dan guru PAUD.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pentingnya
Pembendaharaan Lagu Anak Bagi Mahasiswa PG PAUD
Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai landasan dari
fungsi mahasiswa itu sendiri meliputi Pendidikan dan Pengajaran, Pelatihan dan
Pengawasan, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Artinya seseorang yang
mengenyam pendidikan ditingkat Universitas haruslah memiliki ciri dari
ketiganya sehingga ia lah yang dikatakan sebagai mahasiswa sebenar-benarnya.
Khusunya mahasiswa Pendidikan Guru PAUD, mengeksplor ilmu yang ia dapatkan
melalui berbagai sumber untuk kemudian di aplikasikan kepada masyarakat yaitu
anak-anak. Salah satunya yaitu lagu, senjata ampuh seorang guru PAUD yaitu
melalui nyanyian yang ia bawakan.
Menurut UU No.20 Tahun 2003 tentang sisdiknas menyatakan bahwa:“Pendidikan
Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak
lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan
pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar
anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”. Artinya sebagai
calon pendidik PAUD harus benar-benar mengutamakan konsep bermain sembari
belajar dengan memperhatikan karakteristik, minat dan bakat anak untuk membantu
pertumbuhan dan perkembangannya salah satunya melalui nyanyian. Hal tersebut didukung
dengan pasal 13 UU No 137 Tahun 2014
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dimana pembelajaran dilakukan
melalui bermain secara interaktif,
inspiratif, menyenangkan, kontekstual dan berpusat pada anak. Sudah
sangatlah jelas, bahwa pembelajaran yang dilakukan semata-mata untuk membuat
suasana menyenangkan sehingga apa yang disampaikan guru dapat bermakna bagi si
anak yaitu melalui sebuah lagu.
Sebagai mahasiswa PG PAUD artinya sedang mempersiapkan diri menempah jiwa
dan fikiran untuk bisa berdiri kokoh saat berada di lapangan nanti. Bukan hanya
teori yang harus dikuasai tetapi meliputi seluruh cakupan kompetensi pendidik. Dalam
UU No 137 Tahun 2014 pada Pasal 24 ayat
1 Bab VII tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan mengatakan bahwa
pendidik anak usia dini merupakan tenaga professional yang bertugas
merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran, serta
melakukan pembimbingan, pelatihan,
pengasuhan dan perlindungan.Hal ini artinya, seorang pendidik PAUD harus
benar-benar menguasai strategi pembelajaran didalam kelas untuk mengoptimalkan
seluruh kemampuan terdidik. Pembelajaran yang optimal, memang harus
diberdayakan berpusat pada anak serta member rasa nyaman dan aman bagi si anak.
Salah satunya melalui keterampilan menyanyi. Kembali lagi kepada hakikat PAUD
tersebut dimana semua yang dilakukann semata-mata demi pertumbuhan dan
perkembangan anak didik, melalui bernyanyi anak dapat mengembangkan bahasa,
motorik dan sosialnya.
Menurut UU Republik Indonesia Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan
bahwa Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang
harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan
tugas keprofesionalan. Salah satu keterampilan yang harus
dimiliki oleh guru PAUD yaitu adalah keterampilan bernyanyi dan menguasai
lag-lagu anak usia dini.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, lagu merupakan
ragam suara yang berirama dalam percakapan, bernyanyi, atau membaca. Dalam
Wikipedia online menyebutkan bahwa lagu merupakan gubahan seni nada atau suara
dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat
musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan
berkesinambungan (mengandung irama). Jadi lagu merupakan ragam suara atau bunyi
yang dikeluarkan melalui bunyi vokal dengan irangan musik serta
berkesinambungan. (Afandi, 2013)
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa
keterampilan menguasai pembendaharaan lagu bagi seorang pendidik PAUD yang
profesional ataupun mahasiswa PG PAUD sangat dibutuhkan demi menciptakan
pembelajaran yang bermakna melalui suara dan diiringi musik.
B.
Cara Meningkatkan
Pembendaharaan Lagu Anak Usia Dini Melalui Aplikasi
a.
Pengertian Aplikasi
Aplikasi
berasal dari kata application yang
artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program
siap pakai yang dibuat untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau
aplikasi yang dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.
Aplikasi
adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan
komputer lagsung untuk melakukan suatu tugas yang diingankan pengguna.
Biasanyadibandingkan denganperangkat lunak sistem yang mengitegrasikan berbagai
kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut
untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contohnya adalah Micosoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu apliksi pengolah kata,
lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya.
Pengertian
aplikasi menurut para ahli adalah sebagai berikut
a.
Menurut Jogiyanto
(1999:12) adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction) atau
pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat
memproses input menjadi output.
b.
Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia (1998 : 52) adalah penerapan dari rancang sistembuntuk
mengelolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemograman
tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan
dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.
c.
Menurut Rachmad
Hakim S, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti
mengolah dokumen, mengatur Windows dan permaian (game), dan sebagainya.
Jadi
aplikasi adalah Suatu progam komputer yang berguna untuk memudahkan yang
mengakses untuk memperoleh data, mulai
dari dokumen, game.
C.
Cara Menggunakan
Aplikasi Internet
Aplikasi adalah suatu program
komputer yang berguna untuk memudahkan yang mengakses untuk mendapatkan atau
memperoleh data mulai dari dokumen, game, tema, buku, film, dan lain lain. Dan
pada pembahasan tentang “Teknologi dalam menambah perbendaharaan lagu melalui
aplikasi”, Maka kami mengambil salah satu contoh aplikasi lagu anak di
playstore yaitu lagu-lagu ciptaan Kak Zepe.
Cara Memasang aplikasi lagu anak ciptaan kak Zepe, dengan
menggunakan gadget :
·
Buka Playstore di
gadget
·
Lalu klik tombol di
atas playstore, tulisannya “search” atau “Telusuri google play”
·
Ketik aplikasi yang
di download, pada pebahasan tentang “teknologi dalam menambah perbendaharaan
lagu melalui aplikasi.
download di playstore dengan keyword “Aplikasi
lagu Kak Zepe”
·
Setelah muncul tampilan ini, klik “pasang”
·
Setelah di
“pasang”, maka akan muncul tampilan
·
Pada tampilan
tersebut, klik “buka”, maka akan muncul
·
Maka akan muncul
tampilan pilihan lagu yang terdiri dari 10 tema.
Umumnya, mahasiswa tidak lepas dari pemakaian gadget.
Untuk menambah perbendaharaan lagu, mahasiswa bisa memanfaatkan teknologi
gadget tersebut, dengan menggunakan aplikasi google playstore untuk mendownload
aplikasi lagu-lagu anak. Dengan memiliki banyaknya lagu aan
anak,maka akan memudahkan mahasiswa untuk menerapkan
proses pembelajaran di lapangan kelak. Bukan hanya aplikasi “Lagu anak kak
Zepe” yang dapat kita gunakan, tetapi
masih banyak aplikasi lain seperti “Kumpulan Lagu Anak”, “Lagu Anak Indonesia
Lengkap”, “Lagu Anak Inggris”, “Lagu Anak Islami” dan lain lain.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Mahasiswa PG PAUD perlu memiliki pembendaharaan lagu
karena sebagai calon pendidik tentunya harus memilki kompetensi mengajar
berdasarkan kualifikasi akademik guru paud.
2. Perbendaharaan lagu AUD untuk guru ataupun calon guru
paud (mahasiswa PG-PAUD) adalah salah satu kompetensi khusus yang harus di
miliki. Sesuai dengan pengertian lagu anak adalah lagu yang dinyanyikan oleh
anak untuk anak. Melalui lagu AUD guru dapat menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan AUD
3. Untuk menambah perbendaharaan lagu AUD dikalangan
mahasiswa ataupun guru PAUD terdapat berbagai cara yang dilakukan. Seperti
dengan perkembangan kreativitas guru atau mahasiswa PG-PAUD melalui penciptaan
lagu sendiri atau mengubah lagu syair lagu dengan nada yang sama. Era
globalisasi ini banyak kemudahan yang kita peroleh ketika kita dapat
menggenggam dunia melalui gadget yang kita miliki. Salah satu sisi positif dari
gadget adalah dapat menambah perbendaharaan lagu AUD untuk mahasiswa PG-PAUD
dan guru PAUD melalui aplikasi guru AUD. Dewasa ini, telah tersedia aplikasi
yang memberikan berbagai jenis lagu AUD , yaitu “Lagu Anak Kak Zepe”. Aplikasi
ini dibentuk oleh seorang pemerhati lagu AUD dan atas kepeduliannya beliau
menciptakan aplikasi yang sangat membantu bagi guru dan mahasiswa PG-PAUD. Di
dalam aplikasi “Lagu Anak Kak Zepe”, kita menemukan banyak pilihan lagu yang
dapat kita sesuaikan dengan tema pembelajaran.
B.
Saran
1.
Sebagai guru
PAUD dan mahasiswa PG-PAUD haruslah memiliki banyak pembedaharaan lagu AUDD.
Karena sebagai calon pendidik tentunya harus memilki kompetensi mengajar
berdasarkan kualifikasi akademik guru paud.
2.
Sebagai guru
PAUD dan mahasiswa PG-PAUD haruslah cedas dalam menggunakan gadget, di era
globalisasi kekinian mahasiswa menambah perbendaharaan lagu dapat dengan
mendownload aplikasi lagu dengan menggunakan aplikasi google playstore di
gadget
DAFTAR PUSTAKA
Afandi, M. (2013). Orientasi
Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
PERMENDIKBUD
No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
PERMENDIKBUD
No. 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar