Selasa, 17 Mei 2016


ARTIKEL KOMPUTER
Tentang Pembelajaran Komputer bagi Anak Usia Dini
Disusun Oleh :

KELOMPOK  8
NURHALIMAH         ( 1142113007)
ULFA RAFIQAH       (1141113032 )
SITI ZAHARA           (1141113028 )
NOVIA HARTINAH (1141113023)
WIDYA                       (1142113016 )

Dosen Pembimbing : Drs. Dwi Budiwiwaramulja, M.Sn.


 
                                                                     





PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS IMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN



BAB I

PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG

Pendidikan adalah merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Oleh karena itu setiap warga Negara harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Kebanyakan anak-anak Indonesia dalam memulai proses masuk ke lembaga pendidikan, mengabaikan pendidikan anak usia dini, padahal untuk membiasakan diri dan mengembangkan pola pikir anak pendidikan sejak usia dini mutlak diperlukan. Sudah bukan informasi baru lagi, mengenai 3 tahun pertama anak adalah usia emas baginya untuk menyerap informasi sebanyak-banyaknya.
Anak usia dini adalah anak yang berusa 0-6 tahun dimana pada usia tersebut anak dikatan sebagai “golden age” yaitu masa keemasan. Dalam usia keemasan tersebut pendidik hendaklah terus mengasah kemampuan yang dimiliki oleh anak yaitu dengan  memberikan sejumlah informasi yang menambah pengetahuan anak, karena anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa computer memiliki manfaat bagi pengembangan potensi anak usia dini. Tidak ada salahnya jika computer menjadi salah satu alternative tanpa mengesampingkan bahan-bahan tradisional lainnya dalam pendidikan anak usia dini. Karena anak usia dini merupakan usia kritis untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki anak sehingga perlu difasilitasi agar memperoleh hasil yang optimal.
Dalam era global, peranan computer untuk anak usia dini sangatlah penting, dalam mengajarkan computer untuk anak usia dini guru dapat memperkenalkan computer pada anak dimulai dengan cara memberi tahukan pada anak apa manfaat computer itu  bagi kehidupan sehari-hari. Misalnya computer dapat digunakan untuk mendengarkan music, menonton film, dan bermain game. Dalam memperkenalkan computer, guru juga dapat memperkenalkan berbagai game edukatif yang dapat menambah daya pikir anak ketika memainkan game tersebut, tidak hanya menambah daya pikir anak, ketika bermain game juga dapat memperkenalkan bagian dari computer, misalnya ketika anak menggunakan mouse, dalam hal ini dapat mengembangkan motorik halus anak dan ketika bermain game dapat mengembangkan seni dan kognitif. Game tersebut akan sangat bermanfaat pada anak seperti prinsip belajar  pada anak usia dini yaitu bermain seraya belajar.
Namun semua itu tidak terlepas dari bimbingan orangtua,guru,dan orang dewasa lainnya. Kita bertugas untuk mengawasi, mengatur jadwal anak untuk bermain computer dan juga memilihkan aplikasi yang memang telah sesuai dengan perkembangan anak saat itu. Sehingga dampak negative dari computer pada anak dapat di minimalisir.

B. RUMUSAN MASALAH

Bagaimana peranan komputer bagi anak usia dini

C. TUJUAN

1.      Mendeskripsikan pentingnya komputer bagi anak usia dini
2.      Mendeskripsikan manfaat komputer sebagai media pembelajaran anak
3.      Mendeskripsikan untuk menjadikan komputer yang aman dan bermanfaat bagi anak

D. MANFAAT

1.      Mengetahui pentingnya computer bagi anak usia dini
2.      Mengetahui manfaat computer sebagai media pembelajaran
3.      Mengetahui bagaimana menjadikan computer agar aman bagi dan bermanfat bagi anak usia dini












BAB II

PEMBAHASAN

A.Pengenalan Komputer Pada Anak Usia Dini

Pengenalan Komputer pada anak usia dini salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan oleh pendidik anak usia dini adalah menyiapkan anak didik agar dapat hidup di masa depan dengan lebih baik. Diperikrakan pada masa depan nanti penggunaan teknologi akan semakin mendominasi kehidupan kita. Untuk itu, semenjak dini pendidik perlu mengenalkan teknologi tersebut kepada anak didik. Karena penguasaan teknologi dimasa depan akan menentukan kejayaan suatu bangsa.. Mereka membutuhkan banyak waktu untuk bereksperimen dan eksplorasi. Pada awalnya anak-anak menggunakan komputer dengan bantuan orang dewasa. Mereka lebih perhatian, lebih minat dan berkurang frustasinya ketika orang dewasa ada bersamanya. Selanjutnya bantuan dan supervisi orang dewasa menjadi minimal karena mereka sudah bisa mengoperasikan komputer.
Penelitian menunjukkan bahwa bagi anak usia 3 dan 4 tahun, komputer memiliki manfaat dalam mempertinggi kreativitas, intelegensi, keterampilan nonverbal, pengetahuan struktural, ingatan jangka panjang, kecekatan tangan, keterampilan verbal, penyelesaian masalah abstraksi, keterampilan konseptual dan harga diri. Sedangkan untuk anak taman kanak-kanak dan SD awal adalah meningkatkan keterampilan motorik, mempertinggi berpikir matematis, meningkatkan kreativitas, skor tes yang tinggi pada berpikir kritis dan penyelesaian masalah, effectance motivation –keyakinan bahwa mereka dapat merubah atau mempengaruhi lingkungan mereka, serta meningkatkan skor penilaian bahasa
Pengajaran yang diperoleh anak pada usia ini akan menentukan nilai-nilai atau keterampilan yang akan mereka miliki di masa mendatang. Berdasarkan atas penemuan di atas, adalah penting bagi kita untuk memperkenalkan anak-anak kepada komputer ketika mereka masih dini, misalkan ketika mereka masih berusia 18 bulan. Tetapi pada usia ini, mereka masih belum bisa menggunakan komputer. Di atas usia 18 bulan, anak–anak masih mencoba menguasai perkembangan keterampilan fisik dasar seperti merangkak,berjalan dan berbicara. Kita hanya dapat memberikan pengenalan kepada mereka sampai sejauh penglihatan dan perasaan mengenai komputer. Dengan demikian kita bisa menanamkan benih perhatian pertama dalam pikiran anak-anak.
Pembelajaran tentang teknologi computer pada anak usia dini dilakukan hanya sebatas mengenal perangkat computer sebagai teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia. Anak usia dini perlu mengetahui potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perangkat computer yang memudahkan kita semua. Penjelasan tentang teknologi komputer ini hendaknya dilakukan dalam suasana menyenangkan dan dengan bahasa yang sederhana pula
Pengenalan potensi komputer untuk pembelajaran anak usia dini dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran berupa menggambar dan bernyanyi. Misalnya dengan program aplikasi Power Paint guru dapat mengajak anak untuk menggambar obyek dan mewarnainya. Ajaklah anak untuk belajar menggeser mouse, menggambar dan mewarnainya. Hasil pekerjaan anak akan terlihat pada layar monitor. Anak dapat mem-print out hasilnya dan menyimpannya sebagai dokumen portofolio.
Dengan potensi multimedia yang dimiliki komputer juga dapat digunakan untuk memainkan program musik dan mengiringi anak-anak bernyanyi. Disamping itu guru juga dapat mengajak anak untuk memutar film-film pendidikan.Hal ini tentu saja sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini yang berada dalam tahapan praoperasional dimana anak belum mampu berpikir secara abstrak. Dengan pemanfaatan berbagai program aplikasi secara tepat akan dapat membantu anak memahami materi belajar dengan lebih baik. Misalnya dalam pengenalan huruf dan angka, guru dapat memanfaatkan program power point untuk merancang pembelajaran.

B. Manfaat Komputer Sebagai Media Pembelajaran Anak


Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menarik. Semakin anak tertarik kepada program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar. Selain program pendidikan, komputer juga menawarkan program aplikasi berbentuk permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan pendidikan formal tertentu. Akan tetapi, permainan elektronik tersebut dapat membantu anak untuk belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, dan membangkitkan semangat kepemimpinan. Karena sering menggunakan komputer, anak dapat mengoprasikan berbagai program olah kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk melalui program pendidikan yang dioperasikan dengan komputer. Anak juga memungkinkan memiliki kosa kata dalam bahasa Inggris melalui komputer.
Penggunaan komputer dalam aktivitas pembelajaran pada anak-anak mampu memberikan pangalaman belajar yang variatif. Hal ini di mungkinkan karena program komputer mampu menyajikan informasi dalam format multimedia dengan menggunakan beberapa pendekatan seperti permainan, simulasi, dan presentasi. Komputer dengan kemampuan multimedianya mampu memperlihatkan objek yang realistik.

C. Menjadikan Komputer Aman Dan Bermanfaat Bagi Anak


Mengingat penggunaan komputer adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari pada saat ini dan masa yang akan datang, akan tetapi anak harus dikenalkan dengan computer walaupun ada pengaruh yang tidak baik yang dapat ditimbulkan, ada baiknya kita menyusun siasat dalam mengenalkan komputer pada anak.
Berikut adalah beberapa siasat yang dapat dilakukan dalam mengenalkan komputer pada anak,yaitu:

1)      Kenalkan komputer pada anak sesuai dengan usia mereka.
Pengenalan bagi anak balita, dapat dimulai dengan membimbingnya menyentuh komputer, memegang mouse, mengetik huruf-huruf pada keyboard. Anak-anak di atas usia balita dapat mulai diperkenalkan pada berbagai program komputer yang menarik bagi mereka, khususnya program yang bersifat edukatif. Pilihkan program aplikasi yang tepat bagi mereka. Jangan membiarkan mereka membeli atau meminjam program tanpa sepengetahuan anda.

2)      Temani anak saat mereka menggunakan komputer. Arahkan dan bimbing mereka dalam komunikasi yang hangat. Ada baiknya anda menggunakan password agar anak tidak bisa menggunakan komputer tanpa pengawasan anda.

3)      Buatlah kurikulum sendiri di rumah. Contohnya, jangan perlihatkan semua program aplikasi yang akan anda berikan kepada anak. Berikan satu per satu, tahap demi tahap. Jika memungkinkan, buatlah tes kecil untuk mereka. Jika lulus, barulah mereka mendapatkan program yang baru dari anda.

4)      Kembangkan kemampuan menggunakan computer. Pendidik dan orang tua hendaknya terus mengembangkan pula kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan komputer. Terkadang yang terjadi malah sebaliknya, anak sudah lebih canggih dari orang tua mereka. Hal tersebut dapat mengakibatkan pengawasan dan bimbingan menjadi terbatas pada kemampuan pendidik atau orang tua saja. Jadilah sumber pertama bagi anak anda mengenai perkembangan-perkembangan tersebut.

5)      Buatlah kesepakatan bersama anak mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukannya dengan komputer. Jangan membuat peraturan anda sendiri, libatkan anak dalam membuat peraturan agar anak juga dapat merasakan tanggung jawab untuk untuk melaksanakan setiap peraturan yang sudah dibuat bersama.

6)      Jangan letakkan komputer di kamar pribadi anak. Sebaiknya komputer tidak diletakkan di kamar pribadinya anak, karena hal tersebut akan mempersulit pengawasan orang tua kepada anak dalam menggunakan komputer.

7)      Menyediakan tempat yang aman.
Komputer juga mempunyai efek-efek tertentu bagi fisik seseorang. Perhatikan masalah tata ruang, cahaya, bahaya listrik, posisi duduk, tinggi meja dan kursi, dan lain-lain. Supaya anak benar-benar dalam keadaan yang betul-betul nyaman, aman dan sehat saat menggunakan komputer.

D. Cara Komputer Mempengaruhi Anak

Metode atau cara mendidik anak pada usia dini, tentu sangatlah berbeda dengan metode atau cara mendidik anak pada masa remaja atau masa setelahnya. Untuk mendidik anak pada usia dini, kita harus menyajikan materi yang akan kita ajarkan dengan desain yang sangat menyenangkan, salah satunya dengan komputer. Dengan komputer, proses belajar anak akan terasa sangat menyenangkan. Hal itu tidak bisa dipungkiri lagi, dengan komputer kita bisa memasukkan program-program edukasi yang cocok untuk pendidikan anak pada usia dini. Dengan komputer pula, kita sebagai pendidik akan merasa sangat terbantu dengan penyampaian yang disajikan oleh komputer tanpa meragukan hasil yang kurang optimal. Adanya tampilan gambar warna-warni yang dapat bergerak serta didukung dengan suara atau nyanyian yang riang gembira dapat merangsang anak untuk lebih betah bermain sambil belajar. Karena hanya metode bermain sambil belajarlah yang cocok diberikan kepada anak usia dini.




BAB III

PENUTUP


A.    KESIMPULAN

Pengenalan Komputer pada anak usia dini salah satu tugas penting yang harus dilaksanakan oleh pendidik anak usia dini untuk menyiapkan anak didik agar dapat hidup di masa depan dengan lebih baik. Dengan menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram sedemikian menarik. Penggunaan komputer dalam aktivitas pembelajaran pada anak-anak mampu memberikan pangalaman belajar yang variatif.

B.     SARAN

1.      Sebaiknya para orang tua dapat mengenalkan komputer bagi anak usia dini dengan cara memasukan anak ketempat kursus ( kursus komputer ), agar anak dalam proses belajar komputer dapat berjalan dengan baik serta anak juga mendapatkan pengarahan dari orang dewasa tersebut. Dengan cara ini akan lebih efektif penggunaanya karena adanya pengontrolan dari orang dewasa.



















REFERENSI

Indra Sri Jasma, artikel pentingya pengenalan komputer pada anak usia dini, diakses pada http://www.blogspot.artikel komputer.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar