Selasa, 17 Mei 2016

REVIEW PERMAINAN ANAK USIA DINI “KINDERGARTEN KIDS LEARNING”



TUGAS REVIW GAME


DISUSUN OLEH

YUSRI E. SIAHAAN
LOISE FEBRIASI H.T.P
RINDU JUITA NABABAN
RAYA SIANIPAR  


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

            Anak usia dini merupakan anak yang gemar bermain. Bermain merupakan aktivitas yang khas. Bermain yang dilakukan anak haruslah menyenangkan dan memberi kesan tersendiri bagi anak. Menurut Frobel, bermain harus menarik perhatian serta mengembangkan pengetahuan.
            Di zaman sekarang permainan yang banyak disenangi oleh anak usia dini ialah permainan melalui alat komunikasi. Hal ini dikarenakan, tampilan permainan yang bagus dan praktis bagi orangtua serta sekaligus memberi pengetahuan bagi anak.
           
Oleh sebab itu, dalam makalah ini akan memaparkan sebuah permainan yang cocok bagi AUD yang menyenangkan dan memberi pengetahuan.

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa isi permainan Kindergarten Kids Learning ?
2.      Apa kelebihan dan kelemahan dari permainan Kindergarten Kids Learning ?

C.    Tujuan

            Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang berada dalam permainan Kindergarten Kids Learning serta kelebihan dan kelemahannya.

D.    Manfaat

            Diharapkan agar orangtua dan pendidik mengetahui permainan yang praktis dan memberi kepuasan dan wawasan bagi anak.






     BAB II



PEMBAHASAN


A. TINJAUAN TEORI

Pendidikan Anak Usia Dini secara umum mengembangkan berbagai kompetensi anak sejak ini antara lain diukur dengan beberapa ukuran berikut: perkembangan fisik motorik, perkembangan kognitif, perkembangan moral dan sosial, emosional, dan komunikasi sebagai persiapan untuk hidup. Pengambangan kemampuan anak tidak terlepas dari peran serta pengajar sebagai fasilitator dalam pelaksanaan pendidikan untuk anak usia dini. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada anak agar dapat mempelajari berbagai hal yang ada di lingkungannya dengan lebih optimal.
“Menurut Freud dan Erikson permainan merupakan suatu bentuk penyesuaian diri manusia yang sangat berguna, menolong anak menguasai kecemasan dan konflik”. Sejak umur 3 sampai 5 tahun, permainan merupakan interaksi yang sangat penting bagia anak-anak karena mampu mengembangkan perkembangan kognitif, memberikan pengetahuan tentang kehidupan, meningkatkan daya jelajah, meningkatkan kemampuan psikomotor dan membebaskan perasaan-perasaan terpendam anak.
Dengan bertambahnya usia anak, maka bertambah pula rasa keingintahuannya, oleh karena itu anak-anak belajar mengenal dunianya melalui bermain. Sebagai orang tua atau guru tentunya kita perlu memberika permainan yang bukan hanya membuat anak terhibur dan senang akan tetapi dapat membuat anak selalu aktif sehingga tubuhnya sehat dan membuatnya cerdas. Namun, dalam memilih permainan untuk anak kita, kita juga harus memperhatikan jenis permainan tersebut. Sebaiknya kita memilih permainan yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak, dan juga permainan itu aman bagi anak dan juga masih banyak hal yang harus kita perhatikan.
 Beberapa contoh permainan yang bias membuat anak gembira, merangsang motorik halus dan kasar, kemampuan emosional, bersosialisasi, berbicara dan daya piker adalah sebagai berikut :
1.             Permainan menyambung kata Permainan ini sangat baik untuk memperlancar kemampuan berbicara anak dan bermanfaat bagi pertumbuhan otak anak karena dapat merangsang daya ingat anak.
2.             Lempar tangkap tending bola Kegiatan ini dapat menyehatkan tubuh balita, membuatnya aktif dan melatih daya konsentrasi dan penglihatannya.
3.             Mengingat berbagai jenis benda Permainan ini cocok untuk melatih kekompakan jika dilakukan antar kelompok, dapat melatih konsentrasi dan daya ingat anak.

Setiap permainan edukasi untuk anak usia dini itu bagus jika dilakukan dengan sesuai usia dan kemampuannya dan juga dengan pengarahan yang baik, dan semuanya harus ada pengawasan dari orang tua atau gurunya.
Game mengajarkan anak-anak untuk tekun mencoba memainkan permainan meski berulang kali gagal. Ini akan bermanfaat untuk bekal dalam kehidupan nyata. Sikap positif dalam menghadapi kegagalan akan tertanam dalam kepribadian mereka saat mereka tumbuh dewasa, untuk terus mencoba dengan ketekunan dan dedikasi tanpa kehilangan keyakinan dan harapan tentang masa depan yang lebih baik




Manfaat permainan untuk anak usia dini
Manfaat Permainan Pada Anak Usia Dini menurut Montololu (2005:1.15) bahwa manfaat sikap senang bermain bagi anak adalah sebagai berikut :
a.         Bermain memicu kreatifitas anak,
b.        Bermain bermanfaat mencerdaskan otak anak,
c.         Bermain bermanfaat menanggulangi konflik bagi anak,
d.        Bermain bermanfaat untuk melatih empati,
e.         Bermain bermanfaat mengasah panca indera,
f.         Bermain itu melakukan penemuan.

Karena dalam bermain memacu anak untuk menemukan ide-ide serta menggunakan daya khalayaknya dan sekaligus dapat memicu kreativitas anak dan dengan bermain membantu perkembangan kognitif anak dan memberi kontribusi pada perkembangan intelektual atau kecerdasan berpikir dengan menentukan jalan menuju berbagai pengalaman yang tentu saja memperkaya cara berpikir anak.
Beberapa ahli pendidikan diantaranya Plato, Aristoteles, dan Frobel menganggap bahwa bermain sebagai suatu kegiatan yang mempunyai nilai praktis. Artinya bermain digunakan sebagai media untuk menguatkan keterampilan dan kemampuan tertentu pada anak. Walaupun aktivitas bermain adalah kegiatan bebas yang spontan dan tidak selalu memiliki tujuan duniawi yang nyata serta dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkannya tanpa mempertimbangkan hasil akhir, tetapi bermain sendiri banyak memiliki manfaat yang fositif bagi anak yaitu :
a.         Bagi perkembangan aspek fisik : Anak berkesempatan melakukan kegiatan yang melibatkan gerakan-gerakan tubuh yang membuat tubuh anak sehat dan otot-otot tubuh menjadi kuat.
b.        Bagi perkembangan aspek motorik halus dan kasar : Dalam bermain dibutuhkan gerakan dan koordinasi tubuh (tangan, kaki, dan mata).
Bagi perkembangan aspek emosi dan kepribadian : Dengan bermain anak dapat melepaskan ketegangan yang ada dalam dirinya. Anak dapat menyalurkan perasaan dan menyalurkan dorongan-dorongan yang membuat anak lega dan relaks.

B. PEMBAHASAN

     A.    Isi Permainan Kindergarten Kids Learning

            Permainan ini merupakan dapat di unduh melalui Google Play Store, permainan ini diperuntukkan bagi usia 5 tahun ke atas. Kindergarten Kids Learning ini, merupakan permainan dalam permainan karena terdapat berbagai jenis permainan yang tidak terlepas dari sifat edukasi.
            Berikut fitur-fitur yang terdapat dalam Permainan Kindergarten Kids Learning, yaitu:
1.      Mengenal Angka
            Di dalamnya terdapat pengenalan angka 1-10, pengenalan angka 1-100, kuis angka, dan mewarnai angka.
2.      Mengenal huruf
            Terdapat pengenalan huruf A-Z, kuis huruf, serta mewarnai huruf.
3.      Mewarnai
            Terdapat mewarnai angka, mewarnai huruf, mewarnai buah-buahan dan sayuran, mewarnai profesi, mewarnai benda yang terdapat dalam rumah.
4.      Bernyanyi
            Terdapat lagu-lagu anak yang dapat dinyanyikan anak disertai dengan lirik lagu dan gambar pendukung.
5.      Permainan Kecil
            Seperti melempar bola, menghubungkan angka yang akan memunculkan gambar, menyusun angka, puzell, mencocokkan gambar
6.      Pengenalan serba
            Seperti pengenalan buah-buahan, pengenalan sayuran, pengenalan peralatan rumah, pengenalan hewan, pengenalan profesi, pengenalan angka, pengenalan bentuk geometris, pengenalan jenis olahraga.

B. Hasil Wawancara

 dari hasil wawancara yang kami peroleh tentang game ini, anak-anak sangat mnyukainya, namun orang tua sangat tidak menyukai jika anak-anak memainkan game dari alat elektronik. orang tua setuju jika game dari alat elektronik dapat menumbuhkan kreativitas anak, dan lebih praktis. namun, anak adi lupa jika mereka harus makan, ditambah mata mereka akan rusak jika anak-anak secara terus menerus memainkan game dari bahan elektronik.

B.     Kelebihan dan Kelemahan Kindergarten Kids Learning

A. kelebihan          

 Kelebihan permainan ini adalah memiliki ragam fitur yang menarik dan memberi wawasan pada anak, tampilan yang menarik disertai dengan gambar yang berkaitan dengan setiap fitur, terdapat suara yang menerangkan setiap fitur yang dipilih sehinnga membuat anak lebih tertarik dan dapat mengembangkan daya imajinasi serta kreasi anak.

B. kekurangan

            Kelemahan permainan ini adalah bahasa yang digunakan dalam aplikasi ini adalah bahasa inggris dan semua fitur serta suara yang terdapat dalam permainan ini juga bahasa inggris, dalam fitur bernyanyi juga berbahasa inggris namun disertai dengan lirik lagu tersebut. Sehingga memungkinkan anak sulit untuk memahami arti kata-katanya bagi anak yang belum mengenal bahasa inggris.




BAB III



PENUTUP

A.    Kesimpulan

            Permainan untuk AUD sebaiknya menyenangkan dan memberi edukasi. Oleh sebab itu, Kindergarten Kids Learning merupakan aplikasi permainan yang memberi kesenangan dan edukasi dengan fitur yang menarik bagi anak. Namun dengan pengawasan orangtua dan ke ikutsertaan membimbing anak-anak tidak akan menjadikan anak ketergantungan yang berlebihan terhadap permainan multimedia tersebut.

B.     Saran

            Jika aplikasi Kindergarten Kids Learning ini memiliki bahasa yang cocok yaitu bahasa Indonesia pasti anak-anak akan memahami permainan ini serta fitur lagu yang sesuai dengan bahasa tentu anak mudah mengikuti lagu tersebut.


DOKUMENTASI



































3

DAFTAR PUSTAKA


google play store, Kindergarten Kids Learning







































4
DAFTAR LAMPIRAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar