TUGAS REVIW GAME
DISUSUN OLEH
YUSRI E. SIAHAAN
LOISE FEBRIASI H.T.P
RINDU JUITA NABABAN
RAYA SIANIPAR
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Anak usia dini merupakan anak yang
gemar bermain. Bermain merupakan aktivitas yang khas. Bermain yang dilakukan
anak haruslah menyenangkan dan memberi kesan tersendiri bagi anak. Menurut
Frobel, bermain harus menarik perhatian serta mengembangkan pengetahuan.
Di zaman sekarang permainan yang
banyak disenangi oleh anak usia dini ialah permainan melalui alat komunikasi.
Hal ini dikarenakan, tampilan permainan yang bagus dan praktis bagi orangtua
serta sekaligus memberi pengetahuan bagi anak.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa
isi permainan Kindergarten Kids Learning ?
2.
Apa
kelebihan dan kelemahan dari permainan Kindergarten Kids Learning ?
C. Tujuan
Tujuan penulisan ini adalah untuk
mengetahui hal-hal yang berada dalam permainan Kindergarten Kids Learning serta
kelebihan dan kelemahannya.
D. Manfaat
Diharapkan agar orangtua dan
pendidik mengetahui permainan yang praktis dan memberi kepuasan dan wawasan
bagi anak.
BAB II
PEMBAHASAN
A. TINJAUAN
TEORI
Pendidikan Anak Usia Dini secara umum mengembangkan berbagai
kompetensi anak sejak ini antara lain diukur dengan beberapa ukuran berikut: perkembangan
fisik motorik, perkembangan kognitif, perkembangan moral dan sosial, emosional,
dan komunikasi sebagai persiapan untuk hidup. Pengambangan kemampuan anak tidak
terlepas dari peran serta pengajar sebagai fasilitator dalam pelaksanaan
pendidikan untuk anak usia dini. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan
kepada anak agar dapat mempelajari berbagai hal yang ada di lingkungannya
dengan lebih optimal.
“Menurut Freud dan Erikson permainan merupakan suatu
bentuk penyesuaian diri manusia yang sangat berguna, menolong anak menguasai
kecemasan dan konflik”. Sejak umur 3 sampai 5 tahun, permainan merupakan
interaksi yang sangat penting bagia anak-anak karena mampu mengembangkan
perkembangan kognitif, memberikan pengetahuan tentang kehidupan, meningkatkan
daya jelajah, meningkatkan kemampuan psikomotor dan membebaskan
perasaan-perasaan terpendam anak.
Dengan bertambahnya usia anak, maka bertambah pula
rasa keingintahuannya, oleh karena itu anak-anak belajar mengenal dunianya
melalui bermain. Sebagai orang tua atau guru tentunya kita perlu memberika
permainan yang bukan hanya membuat anak terhibur dan senang akan tetapi dapat
membuat anak selalu aktif sehingga tubuhnya sehat dan membuatnya cerdas. Namun,
dalam memilih permainan untuk anak kita, kita juga harus memperhatikan jenis
permainan tersebut. Sebaiknya kita memilih permainan yang sesuai dengan usia
dan kemampuan anak, dan juga permainan itu aman bagi anak dan juga masih banyak
hal yang harus kita perhatikan.
Beberapa contoh
permainan yang bias membuat anak gembira, merangsang motorik halus dan kasar,
kemampuan emosional, bersosialisasi, berbicara dan daya piker adalah sebagai
berikut :
1.
Permainan
menyambung kata Permainan ini sangat baik untuk memperlancar kemampuan
berbicara anak dan bermanfaat bagi pertumbuhan otak anak karena dapat
merangsang daya ingat anak.
2.
Lempar
tangkap tending bola Kegiatan ini dapat menyehatkan tubuh balita, membuatnya
aktif dan melatih daya konsentrasi dan penglihatannya.
3.
Mengingat
berbagai jenis benda Permainan ini cocok untuk melatih kekompakan jika
dilakukan antar kelompok, dapat melatih konsentrasi dan daya ingat anak.
Setiap permainan edukasi untuk anak
usia dini itu bagus jika dilakukan dengan sesuai usia dan kemampuannya dan juga
dengan pengarahan yang baik, dan semuanya harus ada pengawasan dari orang tua
atau gurunya.
Game mengajarkan anak-anak untuk tekun
mencoba memainkan permainan meski berulang kali gagal. Ini akan bermanfaat
untuk bekal dalam kehidupan nyata. Sikap positif dalam menghadapi kegagalan
akan tertanam dalam kepribadian mereka saat mereka tumbuh dewasa, untuk terus
mencoba dengan ketekunan dan dedikasi tanpa kehilangan keyakinan dan harapan
tentang masa depan yang lebih baik
Manfaat
permainan untuk anak usia dini
Manfaat
Permainan Pada Anak Usia Dini menurut Montololu (2005:1.15) bahwa manfaat sikap
senang bermain bagi anak adalah sebagai berikut :
a.
Bermain memicu kreatifitas anak,
b.
Bermain bermanfaat mencerdaskan otak
anak,
c.
Bermain bermanfaat menanggulangi konflik
bagi anak,
d.
Bermain bermanfaat untuk melatih empati,
e.
Bermain bermanfaat mengasah panca
indera,
f.
Bermain itu melakukan penemuan.
Karena
dalam bermain memacu anak untuk menemukan ide-ide serta menggunakan daya
khalayaknya dan sekaligus dapat memicu kreativitas anak dan dengan bermain
membantu perkembangan kognitif anak dan memberi kontribusi pada perkembangan
intelektual atau kecerdasan berpikir dengan menentukan jalan menuju berbagai
pengalaman yang tentu saja memperkaya cara berpikir anak.
Beberapa
ahli pendidikan diantaranya Plato, Aristoteles, dan Frobel menganggap bahwa
bermain sebagai suatu kegiatan yang mempunyai nilai praktis. Artinya bermain
digunakan sebagai media untuk menguatkan keterampilan dan kemampuan tertentu
pada anak. Walaupun aktivitas bermain adalah kegiatan bebas yang spontan dan
tidak selalu memiliki tujuan duniawi yang nyata serta dilakukan untuk
kesenangan yang ditimbulkannya tanpa mempertimbangkan hasil akhir, tetapi
bermain sendiri banyak memiliki manfaat yang fositif bagi anak yaitu :
a.
Bagi perkembangan aspek fisik : Anak
berkesempatan melakukan kegiatan yang melibatkan gerakan-gerakan tubuh yang
membuat tubuh anak sehat dan otot-otot tubuh menjadi kuat.
b.
Bagi perkembangan aspek motorik halus
dan kasar : Dalam bermain dibutuhkan gerakan dan koordinasi tubuh (tangan,
kaki, dan mata).
Bagi perkembangan aspek
emosi dan kepribadian : Dengan bermain anak dapat melepaskan ketegangan yang ada
dalam dirinya. Anak dapat menyalurkan perasaan dan menyalurkan
dorongan-dorongan yang membuat anak lega dan relaks.B. PEMBAHASAN
A. Isi Permainan Kindergarten Kids Learning
Permainan ini merupakan dapat di
unduh melalui Google Play Store, permainan ini diperuntukkan bagi usia 5 tahun
ke atas. Kindergarten Kids Learning ini, merupakan permainan dalam permainan
karena terdapat berbagai jenis permainan yang tidak terlepas dari sifat
edukasi.
Berikut fitur-fitur yang terdapat
dalam Permainan Kindergarten Kids Learning, yaitu:
1.
Mengenal
Angka
Di dalamnya terdapat pengenalan
angka 1-10, pengenalan angka 1-100, kuis angka, dan mewarnai angka.
2.
Mengenal
huruf
Terdapat pengenalan huruf A-Z, kuis
huruf, serta mewarnai huruf.
3.
Mewarnai
Terdapat mewarnai angka, mewarnai
huruf, mewarnai buah-buahan dan sayuran, mewarnai profesi, mewarnai benda yang
terdapat dalam rumah.
4.
Bernyanyi
Terdapat lagu-lagu anak yang dapat
dinyanyikan anak disertai dengan lirik lagu dan gambar pendukung.
5.
Permainan
Kecil
Seperti melempar bola, menghubungkan
angka yang akan memunculkan gambar, menyusun angka, puzell, mencocokkan gambar
6.
Pengenalan
serba
Seperti pengenalan buah-buahan,
pengenalan sayuran, pengenalan peralatan rumah, pengenalan hewan, pengenalan
profesi, pengenalan angka, pengenalan bentuk geometris, pengenalan jenis
olahraga.
B. Hasil Wawancara
dari hasil wawancara yang kami peroleh tentang game ini, anak-anak sangat mnyukainya, namun orang tua sangat tidak menyukai jika anak-anak memainkan game dari alat elektronik. orang tua setuju jika game dari alat elektronik dapat menumbuhkan kreativitas anak, dan lebih praktis. namun, anak adi lupa jika mereka harus makan, ditambah mata mereka akan rusak jika anak-anak secara terus menerus memainkan game dari bahan elektronik.
B. Kelebihan dan Kelemahan Kindergarten Kids Learning
A. kelebihan
Kelebihan permainan ini adalah
memiliki ragam fitur yang menarik dan memberi wawasan pada anak, tampilan yang
menarik disertai dengan gambar yang berkaitan dengan setiap fitur, terdapat
suara yang menerangkan setiap fitur yang dipilih sehinnga membuat anak lebih tertarik dan dapat
mengembangkan daya imajinasi serta kreasi anak.
B. kekurangan
Kelemahan permainan ini adalah
bahasa yang digunakan dalam aplikasi ini adalah bahasa inggris dan semua fitur
serta suara yang terdapat dalam permainan ini juga bahasa inggris, dalam fitur
bernyanyi juga berbahasa inggris namun disertai dengan lirik lagu tersebut. Sehingga memungkinkan anak
sulit untuk memahami arti kata-katanya bagi anak yang belum mengenal bahasa
inggris.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Permainan untuk AUD sebaiknya
menyenangkan dan memberi edukasi. Oleh sebab itu, Kindergarten Kids Learning
merupakan aplikasi permainan yang memberi kesenangan dan edukasi dengan fitur
yang menarik bagi anak. Namun dengan pengawasan orangtua dan ke ikutsertaan
membimbing anak-anak tidak akan menjadikan anak ketergantungan yang berlebihan
terhadap permainan multimedia tersebut.
B. Saran
Jika aplikasi Kindergarten Kids
Learning ini memiliki bahasa yang cocok yaitu bahasa Indonesia pasti anak-anak
akan memahami permainan ini serta fitur lagu yang sesuai dengan bahasa tentu
anak mudah mengikuti lagu tersebut.
DOKUMENTASI
3
DAFTAR PUSTAKA
google play store,
Kindergarten Kids Learning
4
DAFTAR LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar