Kelompok 1
Leli Maimunnah Masyunita Siregar Mutiara Ernanda Windi Nurika
BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
Pendidikan
Anak Usia Dini adalah pendidikan prasekolah yang ditujukan kepada anak usia lahir
hingga usia lima atau enam tahun. Usia dini adalah usia golden age, 80% perkembangan otak individu berlangsung pada usia tersebut.
Sehingga stimulus dari lingkungan anak sangat dibutuhkan untuk merangsang bakat
dalam diri anak. Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini menjadi salah satu wadah untuk
memberikan stimulus pada anak usia dini dengan konsep bermain sambil belajar,
belajar sambil bermain.
Sehingga pemerintah menggalakkan lembaga PAUD di berbagai desa.Tidak hanya pemerintah,
banyak juga masyarakat yang urutan di dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.
Sekarang ini banyak TK/RA, KB dan TPA yang didirikan oleh masyarakat.
Pemerintah
tidak hanya menyediakan sarana
dan prasarana untuk lembaga
PAUD. Tenaga pendidik di dalam lembaga PAUD juga menjadi sorotan pemerintah. Seperti
yang terlihat di lapangan, semakin banyak universitas yang membuka jurusan untuk
membentukcalon guru PAUD yang berkompeten. Salah satunyaadalah di
UniversitasNegeri Medan, jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini telah berdiri sejak tahun
2008 dan merupakan pengembangan dari program Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak. Jumlah mahasiswa
yang diterima di Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini tersebut semakin bertambah setiap tahunnya.
Di zaman era globalisasi sekarang ini, semakin banyak
cara-cara praktis untuk meningkatkan mutu pembelajaran pada anak usia dini.
Salah satunya melalui aplikasi yang ada di google
playstore. Sebagai guru Pendidikan Anak Usia Dini, hendaknya mampu memiliki
pengetahuan yang lebih luas untuk memanfaatkan teknologi demi keberlangsungan
pembelajaran. Untuk itu kami membuat artikel
tentang pemanfaatan teknologi yang berguna sebagai pembendaharaan lagu
anak usia dini.
B. RumusanMasalah
1.
Mengapa mahasiswa Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini perlu memiliki banyak perbendaharaan lagu anak usia dini?
2.
BagaimanacarameningkatkanperbendaharaanlaguanakusiadinidikalanganmahasiswaPendidikan
Guru PendidikanAnakUsiaDini
melalui aplikasi?
C. Tujuan
Artikel ini disusun untuk memberikan pemahaman bagi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini atau pun guru PAUD
betapa pentingnya perbendaharaan lagu anak usia dini bagi mereka. Selain itu,
tujuan dari artikel ini adalah untuk memecahkan masalah kurangnya perbendaharaan lagu paramahasiswa
PG PAUD dan guru PAUD.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PentingnyaPembendaharaanLaguAnakBagiMahasiswa PG PAUD
Tri
Dharma Perguruan Tinggi sebagai landasan dari fungsi mahasiswa itu sendiri meliputi Pendidikan dan Pengajaran,
Pelatihan dan Pengawasan, serta Pengabdian kepada Masyarakat. Artinya seseorang yang
mengenyam pendidikan ditingkat Universitas haruslah memiliki ciri dari ketiganya sehingga ialah
yang dikatakan sebagai mahasiswa sebenar-benarnya. Khusunya mahasiswa Pendidikan
Guru PAUD, mengeksplorilmu yang ia dapatkan melalui berbagai sumber untuk kemudian di
aplikasikan kepada masyarakat yaitu anak-anak. Salah satunya yaitu lagu,
senjata ampuh seorang guru PAUD yaitu melalui nyanyian yang ia bawakan.
Menurut UU
No.20 Tahun 2003
tentang sisdiknas menyatakan bahwa:“Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan
yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang
dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani
agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut”.Artinya sebagai calon pendidik
PAUD harus benar-benar mengutamakan konsep bermain sembari belajar dengan memperhatikan karakteristik,
minat dan bakatan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya salah satunya melalui nyanyian. Hal
tersebut didukung dengan pasal 13 UU No 137
Tahun 2014
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dimana pembelajaran dilakukan melalui bermain secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
kontekstualdanberpusatpadaanak. Sudahsangatlahjelas, bahwapembelajaran yang
dilakukan semata-mata untuk membuat suasana menyenangkan sehingga apa yang disampaikan
guru dapat bermakna bagi sianak yaitu melalui sebuah lagu.
Sebagai mahasiswa
PG PAUD
artinya sedang mempersiapkan diri menempah jiwa dan fikiran untuk bisa berdiri kokoh saat berada
di lapangann anti.Bukan hanya teori yang
harus dikuasai tetapi meliputis eluruh cakupan kompetensi pendidik.Dalam UU No 137
Tahun 2014 pada Pasal24 ayat 1 Bab VII tentang Standar Pendidikan Tenaga Kependidikan mengatakan bahwa pendidik anak usia dini merupakan tenaga
professional yang bertugas merencanakan, melaksanakan pembelajaran,
dan menilai hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan, pelatihan, pengasuhan dan perlindungan.Hal ini artinya,
seorang pendidik PAUD
harus benar-benar menguasai strategi pembelajaran didalam kelas untuk mengoptimalkan seluruh kemampuan terdidik.
Pembelajaran yang optimal, memang harus diberdayakan berpusat pada anak serta memberi
rasa nyaman dan aman bagi sianak. Salah satunya melalui keterampilan menyanyi. Kembali lagi kepada hakikat
PAUD tersebut dimana semua yang dilakukann semata-mata demi
pertumbuhan dan perkembangan anak didik, melalui bernyanyi anak dapat mengembangkan bahasa,
motorik dan sosialnya.
Menurut UU Republik Indonesia Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan
bahwa Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang
harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan
tugas keprofesionalan.Salah satuketerampilan yang harusdimilikioleh guru
PAUD yaituadalahketerampilanbernyanyidanmenguasai lag-laguanakusiadini.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, lagu merupakan
ragam suara yang berirama dalam percakapan, bernyanyi, atau membaca. Dalam
Wikipedia online menyebutkan bahwa lagu merupakan gubahan seni nada atau suara
dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat
musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan
berkesinambungan (mengandung irama). Jadi lagu merupakan ragam suara atau bunyi
yang dikeluarkan melalui bunyi vokal dengan irangan musik serta
berkesinambungan. (Afandi, 2013)
Berdasarkanuraiantersebutdapatdisimpulkanbahwaketerampilanmenguasaipembendaharaanlagubagiseorangpendidik
PAUD yang profesionalataupunmahasiswa PG PAUD sangatdibutuhkan demi
menciptakanpembelajaran yang bermaknamelaluisuaradandiiringimusik.
B. Cara Meningkatkan Pembendaharaan Lagu Anak Usia Dini Melalui Aplikasi
a.
Pengertian
Aplikasi
Aplikasi
berasal dari kata application yang
artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program
siap pakai yang dibuat untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau
aplikasi yang dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.
Aplikasi
adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan
komputer lagsung untuk melakukan suatu tugas yang diingankan pengguna.
Biasanyadibandingkan denganperangkat lunak sistem yang mengitegrasikan berbagai
kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut
untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contohnya adalah Micosoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu apliksi pengolah kata,
lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya.
Pengertian
aplikasi menurut para ahli adalah sebagai berikut
a.
Menurut
Jogiyanto (1999:12) adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi
(instruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga
komputer dapat memproses input menjadi output.
b.
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52) adalah penerapan dari rancang
sistembuntuk mengelolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa
pemograman tertentu. Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk
mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.
c.
Menurut
Rachmad Hakim S, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan tertentu,
seperti mengolah dokumen, mengatur Windows dan permaian (game), dan sebagainya.
Jadi
aplikasi adalah Suatu progam komputer yang berguna untuk memudahkan yang
mengakses untuk memperoleh data, mulai
dari dokumen, game.
C. Cara Menggunakan Aplikasi Internet
Aplikasi
adalah suatu program komputer yang berguna untuk memudahkan yang mengakses
untuk mendapatkan atau memperoleh data mulai dari dokumen, game, tema, buku, film,
dan lain lain. Dan pada pembahasan tentang “Teknologi dalam menambah
perbendaharaan lagu melalui aplikasi”, Maka kami mengambil salah satu contoh
aplikasi lagu anak di playstore yaitu lagu-lagu ciptaan Kak Zepe.
Cara Memasang aplikasi lagu anak ciptaan kak Zepe, dengan
menggunakan gadget :
·
Buka
Playstore di gadget
·
Lalu
klik tombol di atas playstore, tulisannya “search” atau “Telusuri google play”
·
Ketik
aplikasi yang di download, pada pebahasan tentang “teknologi dalam menambah
perbendaharaan lagu melalui aplikasi.
download
di playstore dengan keyword “Aplikasi lagu Kak Zepe”
·
Setelah muncul tampilan ini,
klik “pasang”
·
Setelah
di “pasang”, maka akan muncul tampilan
·
Pada
tampilan tersebut, klik “buka”, maka akan muncul
·
Maka
akan muncul tampilan pilihan lagu yang terdiri dari 10 tema.
Umumnya, mahasiswa tidak lepas dari pemakaian gadget.
Untuk menambah perbendaharaan lagu, mahasiswa bisa memanfaatkan teknologi
gadget tersebut, dengan menggunakan aplikasi google playstore untuk mendownload
aplikasi lagu-lagu anak. Dengan memiliki banyaknya lagu aan
anak,maka akan memudahkan mahasiswa untuk menerapkan
proses pembelajaran di lapangan kelak. Bukan hanya aplikasi “Lagu anak kak
Zepe” yang dapat kita gunakan, tetapi
masih banyak aplikasi lain seperti “Kumpulan Lagu Anak”, “Lagu Anak Indonesia
Lengkap”, “Lagu Anak Inggris”, “Lagu Anak Islami” dan lain lain.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Mahasiswa PG PAUD perlu memiliki pembendaharaan lagu
karena sebagai calon pendidik tentunya harus memilki kompetensi mengajar
berdasarkan kualifikasi akademik guru paud.
2. Perbendaharaan lagu AUD untuk guru ataupun calon guru
paud (mahasiswa PG-PAUD) adalah salah satu kompetensi khusus yang harus di
miliki. Sesuai dengan pengertian lagu anak adalah lagu yang dinyanyikan oleh
anak untuk anak. Melalui lagu AUD guru dapat menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan AUD
3. Untuk menambah perbendaharaan lagu AUD dikalangan
mahasiswa ataupun guru PAUD terdapat berbagai cara yang dilakukan. Seperti
dengan perkembangan kreativitas guru atau mahasiswa PG-PAUD melalui penciptaan
lagu sendiri atau mengubah lagu syair lagu dengan nada yang sama. Era
globalisasi ini banyak kemudahan yang kita peroleh ketika kita dapat
menggenggam dunia melalui gadget yang kita miliki. Salah satu sisi positif dari
gadget adalah dapat menambah perbendaharaan lagu AUD untuk mahasiswa PG-PAUD
dan guru PAUD melalui aplikasi guru AUD. Dewasa ini, telah tersedia aplikasi
yang memberikan berbagai jenis lagu AUD , yaitu “Lagu Anak Kak Zepe”. Aplikasi
ini dibentuk oleh seorang pemerhati lagu AUD dan atas kepeduliannya beliau
menciptakan aplikasi yang sangat membantu bagi guru dan mahasiswa PG-PAUD. Di
dalam aplikasi “Lagu Anak Kak Zepe”, kita menemukan banyak pilihan lagu yang
dapat kita sesuaikan dengan tema pembelajaran.
B. Saran
1.
Sebagai
guru PAUD dan mahasiswa PG-PAUD haruslah memiliki banyak pembedaharaan lagu
AUDD. Karena sebagai calon pendidik tentunya harus memilki kompetensi mengajar
berdasarkan kualifikasi akademik guru paud.
2.
Sebagai
guru PAUD dan mahasiswa PG-PAUD haruslah cedas dalam menggunakan gadget, di era
globalisasi kekinian mahasiswa menambah perbendaharaan lagu dapat dengan
mendownload aplikasi lagu dengan menggunakan aplikasi google playstore di
gadget
DAFTAR PUSTAKA
Afandi, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak
Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
PERMENDIKBUD
No 137 Tahun 2014 tentangStandarNasionalPendidikanAnakUsiaDini
PERMENDIKBUD
No. 146 Tahun 2014 tentangKurikulum 2013 PendidikanAnakUsiaDini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar